Siapa Sangka Bos ALIBABA ini dulunya seorang Guru!

SHARE:

Siapa yang tidak kenal dengan Jack Ma, termasuk kedalam salah satu Milioner asal China yang sukses dengan bisnis yaitu Alibaba yang sekarang termasuk kedalam jajaran raksasa e-commerce dunia.

Jack Ma dinobatkan dalam jajaran orang terkaya dari kesuksesannya. Kekayaannya saat ini mencapai Rp 570 triliun. tetapi seperti halnya orang sukses lainnya kesuksesan bos Alibaba ini  tidak didapatnya dengan cara yang mudah, banyak proses yang telah dilaluinya.

Dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia. Pada 2015, ia masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22

Dibalik kesuksesan yang telah ia dapatkan ternyata bos ALIBABA ini dulunya seorang Guru!
Alibaba Executive Chairman Jack Ma image from fortune.com

Riwayat Hidup

Dibalik kesuksesan yang telah ia dapatkan ternyata bos ALIBABA ini dulunya seorang Guru!
Sebagai seorang miliader, ternyata Jack Ma dilahirkan dari keluarga ekonomi lemah. Dia dilahirkan di daerah Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Orangtuanya adalah pemusik dan pendongeng tradisional, ayahnya hanya mendapatkan tunjangan pensiunan bulanan sebesar sekitar Rp 500.000 untuk menghidupi keluarganya[4]. Saat umur 12 tahun, Jack Ma sudah tertarik untuk belajar bahasa Inggris, selama delapan tahun masa kecilnya dihabiskan sebagai pemandu wisata di sebuah hotel di dekat Danau Hangzhou, sekitar 160 kilometer dari Shanghai. Waktu itu China baru mulai membuka diri dan mulai banyak turis yang datang ke China. Hal inilah yang membantu dia lebih terbuka pemikirannya dibandingkan teman-teman seumurnya.

Selanjutnya dia mendaftar ke Universitas Keguruan Hangzhou, semacam institut keguruan dan ilmu pendidikan. Disini dia belajar menjadi guru sekolah menengah. Selulus dari Universitas, dengan gelar Sarjana di bidang bahasa Inggris, dia ditugaskan mengajar di universitas. Ketika itu gaji Ma sebulan sebesar 100-120 renminbi, setara dengan Rp 114.000-Rp 142.500 per bulan. 

Pada tahun 1992, saat perekonomian China mulai bertumbuh, dia mencoba melamar di berbagai pekerjaan, akhirnya ia menjadi sekretaris general manager gerai penjual ayam goreng Kentucky Fried Chicken. Disinilah ia bekenalan dengan komputer dan internet, dari seorang teman. Ketika dia mencari kata "beer" di mesin pencari Yahoo, dia menemukan kenyataan bahwa tidak ada data tentang China. Akhirnya dia tertarik pada komputer dan meminjam uang 2.000 dollar AS dari kerabatnya untuk mendirikan perusahaan komputer. Padahal dia tidak mengerti tentang komputer ataupun surat elektronik, bahkan dia tidak pernah menyentuh keyboard komputer sebelumnya.

Setelah mengenal internet inilah, dia memutuskan untuk memfasilitasi para pedagangan Tiongkok menjual barang ke luar negeri melalui dunia maya, dia mendirikan Alibaba. Sekarang perusahaan yang dia pimpin, Alibaba Group bernilai lebih dari US$ 200 miliar setelah melantai di Bursa New York pada Oktober 2014

Sekilas tentang Jack Ma

Sebelum berkelimang harta seperti sekarang, Jack Ma berprofesi sebagai seorang guru dan jasa penerjemah bahasa Inggris dikota kelahirannya, yaitu Hangzhou, Zhejiang, China.

Karena kehandalannya dalam berbahasa Inggris, Jack Ma juga pernah diminta mewakili perusahaan China untuk menagih utang pada seseorang di Amerika Serikat (AS).

Setelah pekerjaannya selesai, dia menyempatkan mengunjungi salah satu temannya Ken Morley di negara bagian Seattle. Disanalah pertama Jack Ma berkenalan dengan namanya Komputer dan Internet.

Sejak itulah Jack Ma mulai kagum akan dunia Internet, ia mulai mencari semua informasi-informasi yang ia butuhkan. Namun pada saat Jack Ma mencari sesuatu tentang China, ia tidak menemukan apa-apa.

Dari masalah inilah Jack Ma mempunyai gagasan untuk memanfaatkan internet untuk berbisnis, serta memasukkan perusahaan China di internet yang memungkinkan mereka terkoneksi dengan pebisnis di AS dan negara lain.

Dari ide tersebut Jack Ma mulai memfasilitasi para pedagang China yang menjual barang ke luar negeri melalui Internet. Ini lah yang menjadi cikal bakal karier Jack Ma membangun bisnis e-commerce terbesarnya yaitu Alibaba.

Dan saat ini Alibaba terus berkembang dan menjadi raksasa e-commerce dengan kapitalisasi pasar US$ 500 miliar atau setara dengan Rp 6.655 triliun.

Pesan Jack Ma

Dalam setiap kesempatan yang ia hadiri, Jack Ma selalu berpesan untuk jangan takut berbisnis, berbisnis bukanlah suatu hal yang sulit. Beranilah dan mulai bisnis Anda serta takut untuk mengambil risiko, itu adalah salah satu kunci menuju kesuksesan Anda.

Kegagalan bukanlah hantu yang harus Anda ditakuti, melainkan sesuatu yang harus Anda kalahkan. Dan apabila Anda dapat mengalahkan kegagalan, maka Anda menuju kepada gerbang kesuksesan.
Name

anime,1,aplikasi,1,asn,1,background,1,berita,14,bisnis,1,cpns,1,desain logo,57,Facebook,1,freelance,14,freelancer,2,gadget,1,IAIN Sultan Amai Gorontalo,2,inspirasi,34,internet,13,Kabupaten Bone Bolango,1,Kabupaten Gorontalo,1,Komunikasi dan Penyiaran Islam,1,kontes logo,25,lowongan,2,news,1,pekerjaan,1,pengusaha,2,pppk,1,sablon,1,seni cetak,1,sports,1,tekno,2,tikok,1,tutorial,13,video,3,
ltr
item
IMAGE ZONE: Siapa Sangka Bos ALIBABA ini dulunya seorang Guru!
Siapa Sangka Bos ALIBABA ini dulunya seorang Guru!
Dibalik kesuksesan yang telah ia dapatkan ternyata bos ALIBABA ini dulunya seorang Guru!
https://imagesvc.timeincapp.com/v3/mm/image?url=https%3A%2F%2Ffortunedotcom.files.wordpress.com%2F2015%2F09%2Fgettyimages-455968616.jpg&w=800&q=85
IMAGE ZONE
http://www.gtofreel.com/2019/02/siapa-sangka-bos-alibaba-ini-dulunya.html
http://www.gtofreel.com/
http://www.gtofreel.com/
http://www.gtofreel.com/2019/02/siapa-sangka-bos-alibaba-ini-dulunya.html
false
5216080352292525215
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy