Pengertian Shalat Berjamaah

Sholat Berjamaah adalah sholat yang dikerjakan minmal dua orang dimana satu diantara mereka berdiri atau berlaku sebagai imam sholat, Sedangkan yang lainnya berlaku sebagai Makmum. Sebagai Imam dia berdiri lebih maju ke depan daripada barisan makmum yang ada dibelakanganya dan tidak boleh ada makmum yang berdiri sejajar dengan imam.

Namun bila berjamaah hanya dua orang maka Makmum boleh berdiri disamping dengan posisi tidak persis dibelakang imam, melainkan dibelakangnya satu jangkah/langkah imam.

Dengan berjamaah menurut para Waliullah akan mendapatkan pahala yang lebih banyak 27x lipat dibandingkan dengan Sholat sendirian, oleh sebab itu Shalat Berjamaah sangat di anjurkan terutama dikerjakan di Mushala atau masjid.

Dalam berjamaah, seorang imam diwajibkan membaca niat sebagai imam, sedangkan sebagai makmum niatnya sudah pasti sebagai makmum. Contoh niat imam saat shalat magrib.

Usholi Fardhol Magribi tsalasta roka'atim mustaqbilal qiblati ada An Imamma Lillahi Ta'ala

Contoh niat makmum saat shalat magrib

Usholi Fardhol Magribi tsalatsa roka'atim mustaqbilal qiblati ada An Ma'muman lillahi Ta'ala.

Saat mengerjakan Shalat berjamaah sudah pasti shalat yang dikerjakan adalah Shalat yang sama, kemudian seorang makmum tidak boleh mendahului gerakan imam, selain itu Bacaan makmum juga tidak boleh lebih keras daripada imam, Bacaan imam hendaknya dibaca dengan lantang dan jelas, Sebaiknya seorang imam memiliki ilmu baca alquran yang baik yaitu fasih tajwidnya.

Apabila seorang makmum datang terlambat dalam shalat berjamaah, maka dia wajib mengganti setiap rakaat yang ketinggalan, karena membaca Surat Al Fatihah di setiap rakaat itu termasuk dalam rukun Shalat.

------------------------------------------------
Saudaraku, itulah pengertian dari Shalat Berjamaah dan sekilas seluk beluk Shalat berjamaah, semoga bermanfaat dan berguna untuk yang sedang belajar agama islam. Ingat Islam yang dibawa RasulAllah S.A.W merupakan agama yang memberi kebaikan untuk seluruh alam.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url