Pengertian Fotosintesa/Fotosintesis

Fotosintesis atau Fotosintesa secara singkat dapat disebut juga dengan Proses Tumbuhan atau Makhluk hidup memasak makanan menjadi energi yaitu gula. Fotosintesa di sebut juga dengan Proses biokimia anabolisme yang merubah karbohidrat menjadi glukosa dengan menyertakan karbondioksida dan Cahaya.  Bagi tumbuhan sinar matahari dan ketersediaan karbondioksida di alam sangatlah diperlukan untuk melakukan proses fotosintesa. 

Tumbuhan yang cukup unsur hara, Cahaya dan karbodioksidanya akan tampak hijau menyegarkan. Namun bila tumbuhan berada ditempat yang rindang dan tertutup akan tampak menguning karena proses fotosintesa yang terganggu.

Fotosintesis membutuhkn karbondioksida atau CO2 dan menghasilkan energi glukosa bagi tanaman, serta menghasilkan Oksigen (O2) yang baik untuk makhluk hidup lainnya.

Untuk itu, bila siang hari anda berada di bawah rindangnya pohon, anda akan merasakan keteduhan dan kesejukan... namun bila dimalam hari berada di bawah pohon anda akan merasakan Sesak, karena pada malam hari Pohon dan tumbuhan membutuhkan Oksigen untuk proses respirasi dan menghasilkan CO2 sebagai hasil pembakaran.

Berkaitan dengan proses Fotosintesa dan Respirasi maka lebih baik kita meletakkan tumbuhan di dalam ruangan saat siang hari, namun tidak meletakkan tumbuhan atau tanaman di dalam kamar saat malam hari.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url