Pengertian Demokrasi

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu berasal dari dua kata demos yang berarti rakyat dan cratos yang artinya adalah kekuasaan. dimana dalam sistem pemerintahan demokrasi Kedaulatan Rakyat adalah kekuasaan tertinggi. Semua rakyat memiliki hak untuk bersuara dan menyampaikan aspirasi dalam setiap keputusan pemerintahan.

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Ada beberapa jenis demokrasi, tetapi hanya ada dua bentuk dasar demokrasi yang Keduanya menjelaskan cara seluruh rakyat menjalankan keinginannya. Bentuk demokrasi yang pertama adalah demokrasi langsung, yaitu semua warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Di kebanyakan negara demokrasi modern, seluruh rakyat masih merupakan satu kekuasaan berdaulat namun kekuasaan politiknya dijalankan secara tidak langsung melalui perwakilan; ini disebut demokrasi perwakilan
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url