Pengertian Evaporasi dan Turunannya

Evaporasi adalah terjadinya penguapan air yang terdapat di permukaan tanah, air laut, air sungai, air danau, air tanah, dan genangan air di jalan. Penguapan terjadi karena adanya perubahan wujud air yang cair menjadi gas uap menuju Atmosfer. Istilah penguapan air di dalam ilmu air (hidrologi) dikenal beberapa istilah lain seperti;

Intersepsi, yaitu penguapan air yang terdapat dipermukaan daun tanaman setelah hujan turun, air hujan yang turun dari langit dan tertahan di permukaan daun kemudian menguap itulah yang disebut dengan Intersepsi. Sedangkan istilah lainnya adalah Transpirasi, yaitu Penguapan air yang terjadi dari dalam tubuh tanaman, dimana air hujan dan air tanah yang diserap akar tanaman dan di sebarkan keseluruh jaringan tanaman kemudian dapat menguap karena panas matahari, itulah yang disebut dengan Transpirasi.

Untuk memudahkan dalam mengingat dan mengistilahkan hilangnya air dari dalam tanah, permukaan tanah dan dari dalam tanaman kemudian muncullah istilah Evapotranspirasi, yaitu Penguapan yang terjadi dari dalam tubuh tumbuhan dan  permukaan tanah.

Faktor - Faktor yang mempengaruhi terjadinya Evapotranspirasi adalah kondisi klimatologi, yang meliputi : radiasi matahari, temperatur udara, kelembaban udara, dan kecepatan angin.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url