Pengertian Zakat dan Dalilnya

Pengertian Zakat adalah penyerahan sebagian harta seorang muslim karena zakat merupakan salah satu rukun Islam yang ketiga. Zakat artinya adalah “tumbuh dan bertambah”. juga bisa berarti berkah, bersih, suci, subur dan berkembang maju. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita selaku umat muslim telah diwajibkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan zakat, seperti firman Allah Swt : “Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat“. (Surat An Nur 24 : 56).

Dalam ayat yang lain Allah menjelaskan bahwa orang yang mentaati perintah allah khususnya dalam menunaikan zakat niscaya Allah akan memberikan rahmat kepada kita dan akan dikembalikannya kita kepada kesucian/kembali fitrah seperti bayi yang baru dilahirkan ke alam muka bumi ini atau seperti kertas puti9h yang belum ada coretan-coretan yang dapat mengotori kertas tersebut, seperti firman-Nya : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu bersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya dosa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi maha Mengetahui “. (Surat At Taubah 9 : 103).

Hikmah dari membayar Zakat adalah, harta pembayar zakat tersebut menjadi bersih dan menyelamatkan pembayar zakat dari api neraka, lebih dari itu zakat juga akan membuat hidup menjadi lebih makmur, karena Allah SWT telah berjanji bila seseorang tidak akan miskin karena membayar zakat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url