Komponen Penting Dalam Basis Data

Dari Pengertian Basis Data yang telah Antar Berita sampaikan kemarin akhirnya dapat ditarik kesimpulan terdapat Empat Komponen penting dalam basis data, yaitu sebagai berikut :
  1. Data itu sendiri yang diorganisasikan dalam bentuk dalam bntuk basis data (database).
  2. Simpanan permanen (storage) untuk menyimpan basis data tersebut. Simpanan ini merupakan bagian dari teknologi perangkat keras yang digunkan di sistem informasi. Simpanan yang permanen umumnya digunakan berupa hard disk.
  3. Perangakat lunak untuk memanipulasi basis datanya. Perangkat lunak ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer atau dibeli dalam bentuk suatu paket. Banyak paket perangkat lunak yang disediakan untuk memanipulasi basis data. Perangkat lunak ini disebut dengan DBMS (Data Base Management System). Contoh DBMS yang terkenal misalnya dBASE, Fox Pro, foxBase, Microsoft Access, Oracle dan lain-lain. DBMS yang popular untuk mengolah basis data sekarang ini adalah RDBMS (Relational Data Base Management System). RDBMS menggambarkan field dari data dan bagian baris menunjukkan record dari data.
  4. Pengguna (user), adapun orang yang mengopersikan mengendalikan DBMS dibagi menjadi beberapa bagian menurut tugasnya masing masing, yaitu : Programmer, Analys System, Database Administrator, End User.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url