Matahari Cincin Pelangi Muncul di Surabaya

Surabaya, Fenomena munculnya matahari yang dikelilingi cincin pelangi (halo) muncul di Surabaya siang ini Rabu 21/08/2013 menjadi daya tarik bagi mereka yang mengetahui, sehingga mereka mengabadikan fenomena tersebut dengan kamera handphone dan membagikannya ke berbagai situs online dan sosial media. Termasuk Antar Berita yang sempat mengabadikan fenomena tersebut, seperti pada foto dibawah ini yang di Shoot dengan kamer Hp Nokia 6120C.


Matahari dengan cincin pelangi ini disebutkan oleh CentroOne sebagaimana kutipannya di wikipedia merupakan pembiasan sinar matahari, yang melewati awan cirus yang mengandung kristal es. Dan berada 5–10 km atau 3–6 mil di lapisan atas troposfer. Warna pelanginya sendiri terbentuk karena efek dispersi udara dan pantulan ke arah tertentu sinar matahari oleh kristal es yang membentuk prisma. Fenomena ini sendir tidak hanya terjadi pada matahari, di beberapa belahan dunia lain, Fenomena Halo juga tampak pada bulan. Bahkan di daerah yang dingin seperti es, Fenomena Halo juga sering tampak, seakan menyelimuti bumi.

Matahari dengan cincin pelangi ini oleh wikipedia disebut dengan Halo Matahari, dimana Fenomena Halo (lingkaran cahaya) alam seperti ini, sebelumnya juga pernah/sering terjadi di berbagai daerah dibelahan bumi ini, seperti di Bandung dan Jakarta, terjadi pada tanggal 27 September 2007 (info disini); di Sumatera Barat, tanggal 30 September 2009, setelah peristiwa gempa, fenomena optik ini berlangsung selama 2 minggu, dan diwaktu malam juga terjadi bulan purnama dengan cincinnya; di Tawau dan Pahang Malaysia juga pernah terjadi pada tahun 2008; di German pada tanggal 12 Desember 2004 terjadi fenomena “Halo” Bulan; bahkan fenomena halo Matahari ini sering juga terjadi di benua Eropa dan Amerika, 2 kali dalam seminggu.

Subhanallah, Maha suci Allah, dan maha kuasa Allah yang telah menjadikan fenomena ini, itulah yang sering Antar Berita dengar dari mereka yang mengagumi kebesaran dan kuasa Tuhan atas kejadian ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url