Sakit Amandel, Sebab dan Gejalanya

Amandel adalah sakit yang sering di derita anak anak yang ditandai dengan pembengkakan toksil yang ada di tenggorokan. Sakit tenggorokan ini secara medis juga disebut dengan radang tenggorokan (toksilitis) atau infeksi amandel. Penyakit ini biasanya menyerang  anak-anak mulai usia 5-15 tahun. karena pada usia ini kadang anak kurang peduli kebersihan dan suka jajan sembarangan.

Menurut lamanya masa inkubasi penyakit ini, maka penyakit tonsilitis ini dapat dibedakan atas tonsilitis akut (yang infeksinya berlangsung kurang dari 4 minggu) dan tonsilitis kronis (menahun) yang masa inkubasinya berlangsung sekitar 1 tahun atau kambuh 3 sampai 5 kali dalam satu tahun itu. Penyakit tonsilitis ini disebut kronis karena ia sering kali mucul secara berulang sampai 4 atau 5 kali dalam setahun. Dan masa inkubasi ini berturut-turut selama 3 tahun.

Sakit Amandel diperkirakan karena serangan suatu virus atau bakteri, dimana kelenjar getah bening yang seharusnya mampu mengusir virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh lewat tenggorokan sudah tidak mampu bekerja dengan baik, sehingga terjadilah radang tenggorokan (sakit amandel). Sebenarnya amandel sendiri berfungsi untuk mengusir virus... Karena begitu baiknya peran amandel maka lebih baik lakukan pencegahan dan hindari operasi pengangkatan amandel.

Akibat radang amandel ini maka tenggorokan penderita terkena infeksi  sering kali berwarna merah dan terasa gatal-gatal. Bila serangan tengah memuncak, maka penggunaan tenggorokan sebagai jalan napas akan terganggu, dan juga terasa kurang nyaman dalam menelan suatu makanan.

Ketika penderita memakan es yang menyentuh rasa dingin, maka tenggorokan penderita merasa dirinya dipicu oleh serangan penyakit itu. Melihat sebab-sebab yang dapat menyebabkan penyakit ini, sebaiknya penderita atau calon penderita menjauhi meminum es atau air dingin yang bisa memicu munculnya penyakit tonsil ini .
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url