Pengertian | Arti Kompetensi, Kapabilitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas

Seperti pemilu tahun lalu, menjelang pemilu 2014 ini sebagai orang awam kita akan sering dibingungkan dengan munculnya istilah bahasa asing oleh para elite politik. Entah itu bertujuan agar kedengaran lebih keren atau memang tak bahasa lain yang lebih pas untuk pemaknaannya. Kali ini saya, melalui Antar Berita ingin menyampaikan pengertian tersebut agar kita semua memahaminya. entah anda gunakan atau tidak, setidaknya itulah artinya dalam bahasa Indonesia yang sebenarnya menurut saya, entah pula oleh ahli bahasa.

Inilah arti/pengeritan kompetensi, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitas :

Kompetensi, artinya adalah Kemampuan, sebagai seorang individu atau calon pemimpin diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan atau skill.

Kapabilitas,
artinya juga sama dengan Kompetensi, yaitu Kemampuan. Namun pemaknaan kapabilitas tidak sebatas memiliki keterampilan (skill) namun lebih dari itu, yaitu lebih paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titik kelemahan hingga cara mengatasinya.

Akseptabilitas, artinya adalah Keterterimaan, kecocokkan dan kepantasan. Kata ini berasal dari "peminjaman" kata Accetability. 

Elektabilitas, ini adalah kata yang sulit untuk diterjemahkan karena sebelumnya tidak terdapat dalam kamus bahasa Indonesia yang saya pelajari waktu saya SD (1992). namun bila artikan, Elektabilitas adalah "Ketertarikan yang dipiilih" bukan sesuatu yang sangat buruk (elek, jawa). Sesuatu benda atau orang yang memiliki Elektabilitas tinggi adalah yang terpilih dan disukai oleh masyarakat.

Kira kira demikianlah arti kata diatas yang dapat saya bagikan, bila kurang sempurna mohon rekan rekan memberi komentar agar tidak terjadi kesalahan dalam tujuan perluasan dan bagi bagi ilmu kepada pengguna internet. Terima kasih.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url