Pengertian Gelombang Transversal

Antar Berita, ilmu kita hari ini adalah penjabaran tentang Pengertian Gelombang Transversal yang sering di singgung pada pelajaran Fisika, terutama untuk anak SMA. Agar lebih gamblang dalam memahami Gelombang Transversal inilah pengertian yang dapat saya bagikan berdasarkan masukan dari guru muda.

Pengertian gelombang transversal
Gelombang transversal adalah gelombang yang arah perambatannya tegak lurus dengan arah getaran medium yang dilaluinya.
Contoh gelombang transversal
Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali atau dawai. Jika gelombang pada tali merambat dari kiri ke kanan maka gerakan tali ke atas dan ke bawah, tegak lurus dengan arah perambatan gelombang.
Bagian-bagian gelombang transversal
Gelombang transversalTanda panah berwarna merah ke kanan menunjukkan arah gerakan gelombang. Tanda panah berwarna merah ke atas dan ke bawah menunjukkan arah gerakan setiap bagian tali.
A (amplitudo) = simpangan tali maksimum
Lambda (panjang gelombang) = jarak antara dua puncak berurutan = jarak antara dua lembah berurutan = jarak antara dua titik yang sama yang berurutan pada gelombang. Intinya bahwa satu panjang gelombang mempunyai satu bukit dan satu lembah gelombang.
a – b = bukit gelombang
b – c = lembah gelombang
Frekuensi (f) gelombang adalah banyaknya panjang gelombang yang melewati satu titik yang sama selama satu sekon. Jika ketika gelombang merambat sepanjang tali, terdapat dua panjang gelombang (dua bukit dan dua lembah) yang melewati suatu titik yang sama, misalnya titik b, maka frekuensi gelombang adalah 2 / sekon atau 2 hertz.
Periode (T) adalah selang waktu yang diperlukan oleh satu panjang gelombang untuk melewati suatu titik yang sama. Jika ketika gelombang merambat sepanjang tali, terdapat satu panjang gelombang (satu bukti dan satu lembah) melewati satu titik yang sama, misalnya titik b, selama satu detik maka periode gelombang adalah 1 sekon.
Cepat rambat gelombang (v) = frekuensi x panjang gelombang = panjang gelombang / periode

Itulah Pengertian dan Penjelasan dari Gelombang Transversal yang bagus untuk dibaca bagi anda yang belum memahaminya. Semoga bermanfaat yaaa...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url