Pengertian Syariat islam

Islam artinya Selamat, maka barang siapa memeluk dan mempercayai Agama Islam sebagai keyakinannya maka dia akan selamat di dunia dan di akhirat. Akhir-akhir ini kita sangat sering mendengar istilah Syariat Islam yang  harus ditegakkan, terutama di Serambi Mekah yang memiliki aturan sendiri (qanun) dalam penegakan syariat islam. Sebenarnya apa sih pengertian Syariat Islam? kali ini Antar Berita ingin berbagi info Pengertian Syariat Islam, agar pengunjung blog ilmu dan berita ini menjadi memahaminya.

Pengertian Syariat Islam adalah jalan yang sesuai dengan undang-undang (peraturan) Allah SWT. Allah menurunkan agama Islam kepada Nabi Muhammad saw. secara lengkap dan sempurna, jelas dan mudah dimengerti, praktis untuk diamalkan, selaras dengan kepentingan dan hajat manusia di manapun, sepanjang masa dan dalam keadaan bagaimanapun.

Syariat Islam ini berlaku bagi hamba-Nya yang berakal, sehat, dan telah menginjak usia baligh atau dewasa. (dimana sudah mengerti/memahami segala masalah yang dihadapinya). Tanda baligh atau d'wasa bagi anak laki-laki, yaitu apabila telah bermimpi bersetubuh dengan lawan jenisnya, sedangkan bagi anak wanita adalah jika sudah mengalami datang bulan (menstruasi).
 
Bagi orang yang mengaku Islam, keharusan mematuhi peraturan ini diterangkan dalam firman Allah SWT. "kemudian Kami jadikan engkau (Muhammad) mengikuti syariat (peraturan) dari agama itu, maka ikutilah syariat itu, dan janganlah engkau ikuti keinginan orang-orang yang tidak mengetahui." (QS. 45/211-Jatsiyah: 18).
 
Syariat dapat juga diartikan sebagai suatu Aturan dalam bertindak, berbuat, bekerja sesuai aturan  yang berlaku di dalam Alquran yang telah di perintahkan oleh Allah SWT. Maka barang siapa dalam keseharian menjalankan Syariat islam hidupnya akan tenang dan lurus sesuai dalam kaedah islamiah.
 
Itulah Pengertian Syariat Islam sebagai dasar dari keimanan seorang sehingga dia akan meraih magrifah dari perbuatannya sesuai syariat islam.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url