Aturan Legalisir Ijazah

Ijazah adalah bukti dari perjuangan seseorang yang telah menempuh jalur pendidikan, mengikuti ujian dan akhirnya lulus yang akhirnya mendapatkan Ijazah atau STTB (Surat Tanda Tamat Belajar). Bila ingin bekerja atau ingin melamar suatu pekerjaan maka perushaan biasanya memberikan syarat Foto Copy Ijazah harus di legalisir oleh pejabat berwenang. 

Legalisir adalah pengesahan atas foto copy ijazah yang menyatakan bila Foto Copy tersebut sesuai dengan aslinya yang ditanda tangani dan di stempel basah oleh petugas yang berwenang seperti : Kepala Sekolah, Dekat, Rektor, Kepala Bagian Dinas Terkait dl..

Saat ini aturan legalisir ijazah memberikan syarat bahwa Ijazah harus di legalisir oleh pejabat yang berada di wilayah Kabupaten/Kota dimana Ijazah itu dikeluarkan.

Hal ini sesuai dengan pengalaman saya yang telah mencoba menanyakan apakah ijazah SD, SMP, SMK saya yang saya tempuh di Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam bisa di legalisir di Kabupaten Kediri, atau propinsi Jawa Timur, ternyata pihak mereka menolak semua karena terkait regulasi/aturan tersebut.

Menurut saya ini ada benarnya meskipun merepotkan, karena ijazah tersebut asli atau tidak yang mengetahui adalah daerah tersebut, sedangkan daerah lain karena nomor ijazah belum di online-kan maka tidak bakal mengetahui, sehingga aturan ini dapat menghambat terjadinya pemalsuan ijazah dari daerah lain yang digunakan di daerah lain juga.

Tips : 

Untuk hanya melakukan legalisasi fotocopy ijazah bila anda harus pulang kampung mungkin akan memberatkan dan membengkakkan biaya, untuk itu ada baiknya anda menghubungi kerabat atau saudara di sana kemudian mengirimkan ijazah tersebut ke teman anda tersebut. Biaya pengiriman tidak terlalu mahal kok, untuk mengirim ijazah dari Surabaya ke Banda Aceh dengan paket sehari sampai biayanya tidak sampai 100rb.
Bayangkan bila anda harus naik pesawat ke sana, biaya tiket, biaya makan, biaya oleh dll berapa juta harus anda keluarkan.

semoga tulisan ini berkesan yaa....
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url