Sosok Lukman Hakim Saifuddin

Masyarakat Indonesia mana yang tidak mengenal sosok  Lukman Hakim Saefuddin, yah inilah figur menteri agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saefuddin yang juga merupakan tokoh politik anggota Partai Persatuan Pembangunan, lalu seperti apakah profil tokoh politik Lukman Hakim Saefuddin?


Lukman di besarkan di tengah-tengah lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Beliauy belajar agama dan ikut mengaji kepada ibunya. Bahkan ibunya langsung  yang pertama mengajarkannya membaca. 

Menteri agama Lukman Hakim. wikipedia.com
Lukman Hakim Saefuddin lahir di Jakarta pada tanggal 25 November 1962. Beliau merupakan putra dari Saefuddin Zuhri yang merupakan menteri di era Presiden Soekarno dan ibunya Solichah. Lukman Hakim Saefuddin merupakan anak terakhir dari sepuluh bersaudara, para saudaranya yakni Dr. Fahmi Djafar (Istrinya yakni Dra Maryam, anak tokoh Nahdatul Ulama KH Ahmad Syaikhu), Farida (Suaminya Shalahuddin Wahid, anak ketiga dari KH Wahid Hasyim yang merupakan adik kandung dari Abdurrahman Wahid), Anisa, yang merupakan istri dari Dr Solichul Hadi (mantan aktivis organisasi PMII), Aisyah, yang dipersunting oleh Drs Wisnu Hadi (salah seorang pengusaha), Andang FN Baehaqi (bersekolah di Kairo dan Belanda lalu menikah dengan Gitta (gadis Belanda), Julia, Annie, dan Adib yang menikah dengan Yanti Ilyas (yang merupakan putri KH M Ilyas).
Profil Riwayat pendidikan  yakni SD SDN Jakarta dan MI Manaratul Ulum Jakarta. SMP di SMP Negeri XI Jakarta. Kemudian ia masuk pondok pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo pada tahun 1983 kemudian selesai disaat usianya 21 tahun. Beliau kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Islam As-Syafiiyah, Jakarta, Fakultas Dakwah.

Menteri agama Lukman Hakim dan istri. ©2017 Merdeka.com/istimewa
Lukman memiliki seorang istri bernama Trisna Willy dan tiga anak yakni Naufal Zilal Kemal, Zahira Humaira, Sabilla Salsabilla.
Lukman Hakim Saefuddin merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pernah menjabat anggota DPR RI periode 1997-1999. Beliau pernah terpilih menjabat anggota DPR RI periode 1999-2004 kemudian 2004-2009 dan 2009-2014 dari partai pengusungnya yakni Partai Persatuan Pembangunan mewakili Jawa Tengah.
Pada tahun 2009 ia terpilih menjadi Wakil Ketua MPR RI periode 2009 hingga 2014 yang di ujung tahun 2014, beliau ditunjuk oleh Presiden saat itu Susilo Bambang Yudhoyono menggantikan Suryadharma Ali menjadi menteri Agama yang tinggal beberapa bulan masa jabatan saja
Pada pemilihan presiden 2014, presiden terpilih Jokowi Dodo kemudian memutuskan untuk mengangkat kembali Lukman Hakim Saifuddin menjadi Menteri Agama RI ke-22 dalam kabinet Indonesia Kerja 2014-2019.

Mantan ketua Majelis Ulama Indonesia yang menjabat 2014-2015, Din Syamsuddin meyakini Lukman merupakan sosok yang tepat menjadi Menteri Agama.
"Saya kenal dia, dia juga teman saya, satu almamater saat bersekolah juga dan dia anak mantan Menteri Agama Saifuddin Zuhri. Saya kira dia tepat memangku amanat itu," kata Din.


Sumber Refferensi:


0 Response to "Sosok Lukman Hakim Saifuddin"

Post a Comment

Apa Pendapatmu Tentang Artikel Ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel