Kisah dan Profil Sandiaga Uno | Pengusaha Sukses Berdarah Gorontalo


Kisah dan Profil Sandiaga Salahuddin Uno Pengusaha Sukses Berdarah Gorontalo sekarang termuat di gtofreel.com. Seperti apa kisah dan Profil Sandiaga Salahuddin Uno?
Image Taked From www.biografiku.com
Kisah dan Profil Sandiaga Salahuddin Uno Pengusaha Sukses Berdarah Gorontalo sekarang termuat di gtofreel.com. Sandiaga Uno merupakan salah satu pengusaha sukses yang melebarkan sayapnya ke dunia politik. Sandiaga Uno merupakan Pengusaha sukses berdarah Gorontalo memiliki berbagai prestasi semasa perkuliahannya dan juga segudang pengalaman di bidang kewirausahaan, lantas seperti apa kisah dan Profil Sandiaga Salahuddin Uno? Berikut ulasannya



Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.  merupakan salah satu pengusaha dan politikus Indonesia. Ia menjadi kandidat terpilih wakil gubernur pada pemilihan umum DKI Jakarta pada tahun 2017 bersama dengan Anies Baswedan, dan mulai mengerjakan tugasnya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pada bulan Oktober 2017. Sering hadir di acara seminar-seminar, Sandiaga Uno yang berdarah Gorontalo ini kerap memberikan pembekalan tentang jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), utamanya pada pemuda.

Sandiaga Uno memulai usahanya setelah sempat menjadi seorang pengangguran disaat perusahaan yang mempekerjakannya bangkrut. Bersama rekannya, ia mendirikan sebuah perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor. Usaha tersebut terbukti sukses dan telah mengambil alih beberapa perusahaan lain. Pada tahun 2009, ia tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes. Tahun 2011, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Ia menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan US$ 660 juta.

Sandi Uno merupakan lulusan Wichita State University, Amerika Serikat, dengan predikat summa cum laude. Sandi mengawali karier sebagai karyawan Bank Summa pada 1990. Setahun kemudian ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di George Washington University, Amerika Serikat. Ia lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 .

Kemudian, pada tahun 1993 ia bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura sebagai manajer investasi sekaligus di MP Holding Limited Group (mulai 1994). Pada 1995 ia pindah ke NTI Resources Ltd di Kanada dan menjabat Executive Vice President NTI Resources Ltd. dengan penghasilan 8.000 dollar AS per bulan. Namun, krisis moneter sejak akhir 1997 menyebabkan perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. Sandi pun tidak bisa lagi meneruskan pekerjaanya tersebut. Ia pulang ke Indonesia dengan predikat pengangguran. Meskipun demikian, karena kejadian tersebut, Sandi Uno kemudian mengubah cara pandangnya dan berbalik arah menjadi pengusaha.

Pada tahun 1997 Sandi Uno mendirikan perusahaan penasihat keuangan, PT Recapital Advisors bersama teman SMA-nya, Rosan Perkasa Roeslani. Salah satu mentor bisnisnya merupakan William Soeryadjaya. Kemudian, pada 1998 ia dan Edwin Soeryadjaya, putra William, mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Bidang usahanya meliputi pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.

Berbekal jejaring (network) yang baik dengan perusahaan serta lembaga keuangan dalam dan luar negeri, Sandi Uno sukses menjalankan bisnis tersebut. Mekanisme kinerja perusahaan tersebut merupakan menghimpun modal investor untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah keuangan. Kinerja perusahaan yang krisis itu kemudian dibenahi dan dikembangkan. Setelah kembali sehat, aset perusahaan tersebut dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi. Hingga 2009, ada 12 perusahaan yang sudah diambil alih oleh PT Saratoga.  Beberapa perusahaan pun telah dijual kembali , antara lain PT Dipasena Citra Darmaja, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), dan PT Astra Microtronics.

Pada 2005–2008, Sandi Uno menjadi ketua umum Himpunan pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ia juga menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sejak 2004.

Sandiaga Uno dinobatkan kedalam 122 orang terkaya di Indonesia versi majalah Asia Globe dengan total asset kekayaan 80 juta dollar AS, pada tahun 2007. Pada 2008 ia kemudian dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS. Lalu pada tahun 2009 Sandiaga Uno masuk menjadi pendatang baru dalam daftar 40 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes. Forbes mencatat Sandi memiliki kekayaan sekitar US$ 400 juta dan menduduki urutan ke-29.

SEKILAS BIODATA dan PROFIL SANDIAGA UNO

Kisah dan Profil Sandiaga Salahuddin Uno Pengusaha Sukses Berdarah Gorontalo sekarang termuat di gtofreel.com. Seperti apa kisah dan Profil Sandiaga Salahuddin Uno?
Image Url From id.wikipedia.org
Nama : Sandiaga Salahuddin Uno

Lahir : Rumbai, Riau, 28 Juni 1969

Orang Tua:
Razif Halik Uno (Ayah),
Mien R. Uno (Ibu),
Raden Abdullah Rachman (Kakek),
Siti Koersilah (Nenek)

Agama: Islam

Alma mater:
Wichita State University (1990)
George Washington University (1992)

Pekerjaan:         
Pebisnis
Politikus

Situs web: sandiaga-uno.com

Riwayat Pendidikan :
SD PKSD Bulungan
SMP 12 Wiajaya Jakarta
SMA Pangudi Luhur
Bachelor of Business Administration di Wichita State University (1990)
Master of Business Administration di George Washington University (1992)

Riwayat Pekerjaan :
Summa Group
PT Recapital
Seapower Asia Investment Limited, Singapura
MP Holding Limited Group, Singapura
NTI Resources Limited, Calgary, Canada
PT Saratoga Investama Sedaya
Wakil Gubernur DKI Jakarta

Riwayat Organisasi :       
HIPMI Jaya 1999-2001
HIPMI Gorontalo
HIPMI Pusat
KADIN

Partai politik: Partai Gerindra - Gerakan Indonesia Raya

Sekarang Ia menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta ke-10 setelah Djarot Saiful Hidayat sejak 16 Oktober 2017 lalu bersama Gubernur terpilih Anies Rasyid Baswedan di masa pemerintahan Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla hingga 2022 mendatang.
Sumber Refferensi:

Kisah dan Profil Sandiaga Salahuddin Uno | Pengusaha Sukses Berdarah Gorontalo

0 Response to "Kisah dan Profil Sandiaga Uno | Pengusaha Sukses Berdarah Gorontalo"

Post a Comment

Apa Pendapatmu Tentang Artikel Ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel