Apa itu freelance dan siapa itu freelancer? Ini dia keuntungan menjadi Freelancer

Apakah anda pernah mendengar istilah freelance? atau pernah bertanya-tanya, apa itu freelance? siapa itu freelancer? seperti apa kerja freelancer? seberapa besar keuntungan jadi freelancer? atau bagaimana cara menjadi freelancer? berikut ulasan Apa itu freelance dan siapa itu freelancer? - Keuntungan menjadi Freelancer yang kini tersedia di gtofreel.com

Apakah anda pernah mendengar istilah freelance? atau pernah bertanya-tanya, apa itu freelance? siapa itu freelancer? seperti apa kerja freelancer? seberapa besar keuntungan jadi freelancer? atau bagaimana cara menjadi freelancer?
Etimologi
freelance merupakan suatu sebutan yang berasal dari istilah "tenaga lepas" juga "pekerja lepas" yang merupakan sebutan bagi orang yang melakukan sebuah pekerjaan yang familiar disebut freelance ataupun pekerja lepas.

Dilihat dari sumbernya freelance berasal dari bahasa Inggris oleh Sir Walter Scott yang memproyeksikan tentara bayaran abad pertengahan yang juga merupakan metafora dari "tombak bebas" "free" "lance" yang berarti tidak disumpah untuk melayani perintah da
ri majikan siapa saja, tidak juga tersedia gratis.

Jadi apa freelance itu? Singkatnya, freelance merupakan pekerjaan mandiri dan tidak terikat perjanjian atau kontrak yang mengikat (jangka panjang, dll) antara si pekerja dan si klien yang memesan tenaga dari jasa pekerja lepas tersebut.

Lalu siapa itu freelancer? Freelancer merupakan orang yang menjadi pekerja freelance itu sendiri. Jadi orang yang memilih menjadi pekerja lepas atau menjadi tenaga kerja lepas disebut juga freelancer.
Apakah anda pernah mendengar istilah freelance? atau pernah bertanya-tanya, apa itu freelance? siapa itu freelancer? seperti apa kerja freelancer? seberapa besar keuntungan jadi freelancer? atau bagaimana cara menjadi freelancer?
image taked from https://www.vebma.com

Lantas seperti apa kerja freelancer? pekerjaan freelancer secara umum merupakan pekerjaan yang biasa tidak memakan waktu lama diantaranya meliputi:
Jurnalisme dimana banyak klien yang mencari pekerja lepas untuk menuliskan artikel untuk situs web mereka

Beberapa pekerjaan freelancer lainnya seperti redaktur, jasa redaktur-cetak, pengoreksi-cetak, jasa pengindeksan, sewa penerbitan buku bisa juga penerbitan jurnal maupun bentuk-bentuk menulis, jasa penyalin tulisan, jasa programer komputer dan desain grafis, konsultan dan penerjemah.
Praktek tenaga lepas sangat bervariasi. Beberapa memerlukan klien mereka untuk menandatangani kontrak tertulis, sementara yang lain dapat melakukan pekerjaan berdasarkan perjanjian lisan, yang mungkin dilaksanakan melalui sifat pekerjaan tersebut. Beberapa pekerja lepas dapat memberikan perkiraan tertulis dari hasil kerja mereka dan meminta pembayaran di muka dari klien mereka.

Bagaimana cara menjadi pekerja lepas di Indonesia?

- Memilih bekerja sesuai keahlian: menurut situs Nextren yang dikutip dari wikipedia, bila kita ingin menggeluti karir sebagai seorang pekerja lepas, maka kita disarankan mulai dengan hal yang menjadi keahlian yang bisa kita tawarkan. Seorang freelancer juga disarankan untuk mengikuti pendalaman keahlian dengan berbagai kursus sesuai passion untuk mengasah keahliannya.

- Bila ingin terjun ke dunia Freelancer sebaiknya memliki pengalaman kerja dahulu. Maina Sumapradja, yang merupakan seorang freelancer di bidang public relation, sebagaimana yang dikutip dari wikipedia menyarankan agar fresh graduate teruntuk bagi mahasiswa dengan jurusan keahlian agar jangan langsung mencoba full time bekerja sebagai seorang freelancer. Maina menyarankan sebaiknya mulailah dengan mencari pekerjaan tetap terlebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman dan membangun portfolio. Mengapa kita harus bekerja tetap terlebih dahulu karena seorang freelancer membutuhkan jaringan profesional sebagai modal awal yang akan dibangunnya nanti.
Apakah anda pernah mendengar istilah freelance? atau pernah bertanya-tanya, apa itu freelance? siapa itu freelancer? seperti apa kerja freelancer? seberapa besar keuntungan jadi freelancer? atau bagaimana cara menjadi freelancer?
image taked from https://www.expertily.com

- Rutinlah mencari pekerjaan, proyek dan melakukan bidding: masih dari situs Nextren sebagaimana yang dikutip dari wikipedia, bila kita ingin menjadi freelancer kita harus rajin mencari tawaran dan melakukan bidding terhadap job reguler.

- Cobalah mendaftarkan diri ke situs penyedia jasa Freelance agar mudah mencari pekerjaan. Ada banyak situs penyedia jasa pekerja lepas di Indonesia diantaranya Freelancer.com. Terdapat kemudahan bila kita ingin bergabung menjadi freelancer disitus ini dan tidak dipungut biaya saat mendaftar.

- Menawarkan sewa yang terjangkau namun bukan murahan seperti yang dikatakan ketua Indonesian Freelancers Association Daniel G. Praditya yang mengatakan agar freelancer menetapkan fee yang tepat  namun juga tidak murahan saat membuat sebuah portofolio. Beberapa cara yang dijelaskannya agar  mendapatkan sewaan yang pas dan tidak murahan diantaranya mengedukasi calon klien secara detail dan menarik tentang apa-apa yang akan didapatnya serta manfaat saat ia memilih kita untuk melakukan kerja sama dengan tawaran sesuai dengan yang kita tentukan.

- Membuat situs pribadi juga dilakukan bagi sebagian orang di Indonesia yang menawarkan jasa mereka, selain dari keleluasaan untuk mengontrol website, membuat situs pribadi juga akan membuat jasa freelance kita akan terlihat lebih keren dan akan lebih dikenal orang, namun membuat website pribadi harus menguras kantong kita, terlebih bila kita belum mendalami ilmu website building. Marischka Prudence sebagaimana yang dikutip dari Wikipedia menjelaskan bahwa blog pribadinya sangat membantunya membangun brandingnya sendiri sebagai freelance travel blogger di dunia maya.


- Dengan Membuat akun medsos yang profesional bagi para pencari pekerja dari perusahaan biasanya mencari akun medsos freelancer yang akan dipilih untuk mengerkajakan proyek mereka tentunya dengan melihat portofolio dari akun tersebut dan dapat dipercaya. Karenanya, jika kita ingin cepat mendapat tawaran maka profil dari akun sosmed haruslah kita buat seprofesional mungkin agar mereka yakin kita dapat mengerjakan proyek yang akan mereka beri. Diantara medsos yang sering dipakai para freelancer ialah Linkedin kara selain menjadi favorit media social ini juga memberikan fasilitas bagi para freelancer mencari proyek maupun bidding ke klien maupun sebaliknya.

- Membuat kartu nama, selain sebagai identitas diri, kartu nama juga sering dijadikan promosi jasa freelance. Marischka diranah offline juga menekankan kartu nama merupakan hal yang patut dipersiapkan. Dia menambahkan salah satu pertama yang dilakukannya sebagai seorang pekerja lepas diantaranya membuat kartu nama.

- Ini adalah hal yang penting yakni memastikan klien akan membayar anda karena resiko terbesar seorang freelancer ialah klien yang tidak mau membaya saat pekerjaannya selesai. Karenanya, sebagai freelancer haruslah pintar memilih klien dan melakukan perjanjian tertulis sebelum pekerjaan dimulai. Resiko klien yang tidak membayar dapat diatasi bila freelancer bergabung disitus penyedia jasa khusus freelancer karena memang situs penyedia jasa freelancer akan menjadi mediator agar tidak ada yang dirugikan.

Referensi:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Tenaga_lepas
- http://www.blogbiasa.com/2018/01/apa-itu-freelancer-kerja-freelance.html

0 Response to "Apa itu freelance dan siapa itu freelancer? Ini dia keuntungan menjadi Freelancer"

Post a Comment

Apa Pendapatmu Tentang Artikel Ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel