5 Hal dan Ciri yang Perlu Diketahui Oleh Wirausaha Muda, nomor 4 paling penting

Kewirausahaan (bahasa Inggris: Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Hal yang Perlu Diketahui Oleh Wirausaha Muda, nomor 4 paling penting
surabaya.tribunnews.com
Gaya hidup wirausaha dapat menawarkan banyak manfaat. Ini menarik, kreatif, dan Anda berpotensi menciptakan produk atau layanan yang dapat berdampak positif bagi dunia. Namun, menjadi seorang pengusaha tidak selalu mudah. Anda akan menemukan banyak rintangan di sepanjang jalan, dan mempertahankan motivasi hari demi hari bisa menjadi sulit.

A. Ciri-ciri dan Sifat kewirausahaan

Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausahawan adalah:
  1. Percaya diri
  2. Berorientasikan tugas dan hasil
  3. Berani mengambil risiko
  4. Kepemimpinan
  5. Keorisinilan
  6. Berorientasi ke masa depan
  7. Jujur dan tekun

B. Hal yang Perlu Diketahui Oleh Wirausaha Muda

Saya percaya bahwa manfaat kewirausahaan yang luar biasa membuat bagian-bagian yang lebih sulit berharga. Yang telah dikatakan, ada beberapa hal yang saya harap saya tahu ketika saya pertama kali memulai. Di sini, saya akan berbagi apa yang saya yakini adalah lima hal yang perlu diketahui wirausaha:

1. Dibutuhkan kerja keras.

Dari luar, gaya hidup wirausaha dapat terlihat keren: Anda sedang menciptakan, Anda membuat banyak hal terjadi, Anda merancang jadwal dan kehidupan Anda sendiri. Namun, tidak semua glamor dan jetsetting. Menjadi wirausahawan membutuhkan kerja keras dan disiplin yang besar. Sebagai seorang pengusaha, Anda bertanggung jawab untuk menempa jalan Anda sendiri. Ini dapat membutuhkan banyak kerja keras, penelitian, dan sering kali termasuk banyak suka dan duka.

Anda mungkin akan bekerja lebih keras daripada yang pernah Anda miliki dalam hidup Anda, mencatat lebih banyak jam daripada yang pernah Anda lakukan dalam pekerjaan sehari-hari, dan akan memiliki tingkat akuntabilitas yang jauh lebih tinggi. Tetapi bagi wirausahawan yang bersemangat tentang apa yang mereka lakukan, itu sepadan dengan usaha.

5 Hal dan Ciri yang Perlu Diketahui Oleh Wirausaha Muda, nomor 4 paling penting
5 Hal dan Ciri yang Perlu Diketahui Oleh Wirausaha Muda, nomor 4 paling penting

2. Motivasi diri adalah kunci.

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, motivasi diri sangat penting. Lagi pula, sebagian besar pengusaha biasanya tidak mengikuti jalur bisnis tradisional. Anda akan membutuhkan banyak "bahan bakar" mental dan emosional untuk mempertahankan energi dan antusiasme yang diperlukan untuk mendapatkan proyek potensial Anda dari tanah.

Menetapkan tujuan pemotongan yang jelas adalah cara yang bagus untuk secara efektif memproduksi sumber motivasi yang sehat untuk diri Anda sendiri.

Luangkan waktu untuk benar-benar menentukan tujuan Anda dan apa yang memotivasi Anda sebagai seorang pengusaha. Harus spesifik. Misalnya, apakah Anda termotivasi karena Anda ingin mendapatkan cukup uang sehingga Anda dapat membeli kapal pesiar? Atau apakah tujuan Anda untuk membuat sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu? Tidak ada yang benar atau salah di sini, jujur saja pada diri sendiri tentang apa yang memotivasi Anda.

Dengan menentukan dan menetapkan tujuan tertentu, Anda akan selalu memiliki sesuatu untuk membuat Anda tetap terinspirasi. Pada hari-hari ketika motivasi diri sulit didapat, mereka dapat bertindak seperti kompas Anda, mengarahkan Anda ke arah yang benar.

3. Jangan meremehkan kekuatan seorang mentor.

Pengungkapan penuh: ketika saya memulai sebagai pedagang dan pengusaha, saya tidak memiliki seorang mentor. Dalam retrospeksi, jika saya memiliki panduan yang tepat, saya bisa mencapai tingkat kesuksesan yang saya lakukan jauh lebih cepat.

Mencari bimbingan seorang pengusaha sukses dapat membantu Anda mendapatkan kejelasan tentang cara mengambil langkah selanjutnya dalam karir Anda. Mereka memiliki tubuh pengalaman yang lebih besar, dan dengan demikian, mereka dapat memberikan kebijaksanaan bijak yang dapat membantu Anda di jalan Anda. Mereka mungkin telah melalui beberapa pasang surut sendiri, dan dapat memberi Anda saran yang dapat membantu Anda menghindari jebakan dalam karir Anda.

Hari-hari ini, saya mencoba menjadi mentor yang tidak pernah saya miliki kepada mahasiswa perdagangan hari saya. Saya dapat melihat langsung seberapa cepat mereka mengembangkan keterampilan dengan bimbingan yang tepat. Ini hampir seperti mereka mendapatkan "zona lungsin" permainan video untuk menjadi sukses lebih cepat !


4. Fokus pada kemajuan, bukan kesempurnaan.

Sebagai seorang wirausahawan, Anda seperti pelopor, menuju ke padang belantara tanpa jalan yang jelas di depan Anda. Jangan berharap semuanya menjadi lancar. Jika Anda berusaha mencapai kesempurnaan, Anda mungkin akan kecewa berulang kali. Sayangnya, akan selalu ada penghalang jalan dan belokan yang salah, dan Anda mungkin akan membuat kesalahan.

Meskipun saya tidak menganjurkan Anda membuat kesalahan dengan sengaja, saya mendorong Anda untuk mengambilnya dengan tenang. Daripada meremehkan diri sendiri, cobalah untuk menggunakan kesalahan ini sebagai guru terbesar Anda, membantu Anda maju lebih kuat dan lebih percaya diri daripada sebelumnya. Jika Anda tidak membuat kesalahan yang sama dua kali, maka itu adalah kemajuan.

5. Anda harus terus belajar.

Ya memang: pengusaha cenderung menjadi orang yang sibuk. Tetapi jika Anda benar-benar ingin sukses, Anda perlu meluangkan waktu untuk terus belajar. Seperti yang dikatakan Albert Einstein, “Setelah Anda berhenti belajar, Anda mulai sekarat.”

Menjadi pembelajar seumur hidup akan membuat Anda tetap relevan sebagai wirausahawan. Terus belajar tentang bidang Anda. Baca tentang pesaing Anda. Terus ikuti berita dunia. Pelajari semua yang Anda bisa. Tidak hanya akan membantu menjaga pikiran Anda lincah, tetapi Anda tidak pernah tahu dari mana ide hebat berikutnya akan datang.

Reff:
entrepreneur.com | diakses 11 Des 2018
wikipedia.org | diakses 11 Des 2018


0 Response to "5 Hal dan Ciri yang Perlu Diketahui Oleh Wirausaha Muda, nomor 4 paling penting"

Post a Comment

Apa Pendapatmu Tentang Artikel Ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel