6 alasan mengapa suatu perusahaan harus menggunakan jasa freelancer

Freelance merupakan suatu sebutan yang berasal dari istilah "tenaga lepas" juga "pekerja lepas" yang merupakan sebutan bagi orang yang melakukan sebuah pekerjaan yang familiar disebut freelance ataupun pekerja lepas. (baca freelancer...)


5 Hal LEBIH yang bisa didapatkan Perusahaan dari menggunakan jasa freelancer. | gtofreel.com
Beberapa pekerjaan freelancer lainnya seperti redaktur, jasa redaktur-cetak, pengoreksi-cetak, jasa pengindeksan, sewa penerbitan buku bisa juga penerbitan jurnal maupun bentuk-bentuk menulis, jasa penyalin tulisan, jasa programer komputer dan desain grafis, konsultan dan penerjemah.

Beberapa perusahaan besar yang terbiasa menyewa jasa profesional ada baiknya mencoba jasa dari para freelancer, meski banyak yang belum berpengalaman namun tidak sedikit dari kinerja para freelancer diakui kualitasnya hal ini tidak hanya terjadi di dalam negeri tapi juga para freelancer lokal juga mampu bersaing dengan para freelancer dari luar, bahkan banyak perusahaan internasional telah menjadikan freelancer asal Indonesia menjadi pekerja tetap di persuahaan mereka.

Praktek tenaga lepas sangat bervariasi. Beberapa memerlukan klien mereka untuk menandatangani kontrak tertulis, sementara yang lain dapat melakukan pekerjaan berdasarkan perjanjian lisan, yang mungkin dilaksanakan melalui sifat pekerjaan tersebut. Beberapa pekerja lepas dapat memberikan perkiraan tertulis dari hasil kerja mereka dan meminta pembayaran di muka dari klien mereka.


6 hal yang bisa didapatkan perusahaan dari menggunakan jasa freelancer 


1. Meminimalisir Pengeluaran

Keuntungan dari mempekerjakan freelancer yaitu dapat menghemat biaya operasional tiap bulan karena freelancer seperti yang kita ketahui dibayar sesuai dengan pekerjaan yang di mintakan dan selesai tepat pada waktunya. Sehingga untuk membayar freelancer tidak perlu meregok kantong seperti membayar karyawan.


2. Tidak menambah tanggungan perusahaan

Semua yang terlibat dalam perusahaan baik itu karyawan maupun atasa dalam sebuah perusahaan adalah satu hal yang penting yang tak boleh diremehkan begitu saja. Dengan semakin banyaknya karyawan pastinya akan membuat perusahaan menanggung biaya lebih  Segingga itu dibutuhkan strategi lebih seperti menyewa freelancer. Suatu perusahaan meski  hanya memiliki sedikit tim, tetapi didukung dengan pekerja freelance yang cukup banyak dapat meminimalisir tanggungan.


Perusahaan yang sering menggunakan jasa freelancer tidak perlu pusing memikirkan tunjangan maupun yang lainnya  untuk karyawan tetap.


3. Mudahnya untuk memberhentikan kerjasama

Tidak sedikit para pemilik perusahaan yang tidak tegaan untuk memberhentikan karyawannya walaupun hal itu untuk meminimalisir pengeluaran. Jalan yang bisa diambil oleh pemilik perusahaan seperti ini yakni dengan memakai jasa pekerja freelance.


Dengan menggunakan jasa freelancer para pemilik perusahaan leluasa menentukan kapan kontrak kerjasama akan berhenti ataupun akan tetap lanjut. Hal itu biasa terjadi saat biaya  yang diminta melonjak dan diperlukan penghematan, pemimpin perusahaan cukup memutus kerjasamanya dengan freelancer yang dipilih yang tentunya harus sesuai dengan perjanjian sebelumnya.


4. Tidak Sulit Untuk Dijelaskan dan mampu memberi feedback.

Freelance biasanya tidak sulit untuk di perintah, terlebih bagi freelancer yang sudah berpengalaman mereka mudah diarahkan seperti yang kita inginkan. Hal ini yang membuat tidak sedikit pemilik perusahaan yang memilih bekerjasama dengan para freelancer online.

Tidak hanya itu, freelancer yang dikenal dengan “terlepas” dari keterikatan dengan perusahaan lebih dapat memberikan masukan yang bersifat membangun bagi perusahaan itu sendiri. Mereka merasa terapresiasi dengan terpilihnya sebagai pekerja diperusahaan tersebut.


Ini beralasan karena selain mereka tidak tahu banyak tentang perusahaan Anda mereka juga tidak merasa terikat dengan perusahaan dan juga memiliki freelancer mempunyai sudut pandang yang berbeda dibanding karyawan tetap Anda.


5. Fleksibilitas revisi

Anda bisa meminta freelancer mengerjakan pekerjaan Anda sampai tuntas dan akurat.


Jika ada yang kurang, Anda bisa meminta freelancer untuk membenahi nya kembali, asalkan tetap di dalam scope pekerjaan yang sesuai dengan kontrak dan perjanjian.


6. Mudah Mencari Sesuai Dengan Keahlian


Para pemilik perusahaan dapat menemukan, membandingkan dan merekrut freelancer profesional untuk jasa-jasa yang diinginkan. Kategori layanan begitu bervariasi dan terus bertambah dari waktu ke waktu sehingga menemukan semua jenis layanan ke depannya.

0 Response to "6 alasan mengapa suatu perusahaan harus menggunakan jasa freelancer"

Post a Comment

Apa Pendapatmu Tentang Artikel Ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel