Harga Tiket Pesawat Turun, Menteri Perhubungan minta harga tiket tetap stabil.


Ilustrasi tiket pesawat (THINKSTOCK)
Dikutip dari harian ternama tempo.co Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi minta perusahaan maskapai penerbangan tetap menjaga stabilitas harga karcis pesawat. Imbauan itu dia sampaikan sesudah sejumlah perusahaan bersepakat dengan mulai menurunkan harga karcis secara berbarengan pada minggu lalu.

“Pemerintah tak berkeinginan mengintervensi. Tapi harga karcis pesawat yang relatif murah ini seharusnya tetap. Jangan hanya satu bulan,” ujar Budi Karya dikala dijumpai layak menghadiri acara silaturahmi dengan pengemudi angkutan lazim se-Jabodetabek di Gelora Bung Karno, Jakarta Sentra, Ahad, 31 Maret 2019.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, dalam rangka HUT BUMN, maskapai berpelat merah itu menggelar potongan harga sampai 50 persen. Tetapi, diskon yang diobral Garuda Indonesia untuk konsumennya ini dapat dirasakan pada 31 Maret sampai 13 Mei 2019 saja.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan perusahaannya bermufakat menurunkan harga karcis pesawat sampai 30 persen. Penurunan itu berlaku untuk maskapai Lion Air, Wings Air, dan Batik Air. Adapun kebijakan ini dilegalkan kemarin, 30 Maret 2019.

Harga Tiket Pesawat Turun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi minta perusahaan maskapai penerbangan tetap menjaga stabilitas harga karcis pesawat.“Penurunan harga jual adalah kesungguhan Lion Air Group untuk menjawab tantangan serta kans dinamika bisnis atau pasar traveling,  mengakomodasi permintaan jasa penerbangan paralel meningkatkan kegiatan penerbanga,” ujar Danang dalam keterangan tertulisnya.

Pada permulaan Maret lalu, maskapai Sriwijaya Air mengumumkan berita serupa. Perusahannya menjadi pemrakarsa turunnya harga karcis pesawat.  Maskapai penerbangan full service ini melegalkan penurunan harga karcis pesawat rute domestic hingga 40 persen. Tetapi, penurunan harga cuma berlaku untuk jangka waktu terbang Maret sampai April.

Maskapa-maskapai di Tanah Air keroyokan memangkas harga karcis pesawat mereka sesudah konsumen melayangkan keluhan. Kritik itu terus mencuat sampai puncaknya, pada 25 Maret lalu, pemerintah lewat Kementerian Perhubungan dan Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman, minta perusahaan menurunkan harga tiketnya.

Dalam catatan rapat atau notulensi Kemnhub bersama Kemenko Maritim yang diduga bocor, Menteri Budi Karya dan Menteri Luhut Binsar Pandjaitan minta maskapai meninjau kembali harga karcis mereka. Setelahnya, Kemenhub secara sah mengeluarkan hukum baru yang menaungi aturan biaya pesawat.
\
Berdasarkan Budi Karya, hukum baru yang diterbitkan dalam wujud Undang-undang Menteri Nomor 20 Tahun 2019 dan Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019 hal yang demikian bertujuan untuk melindungi maskapai dari praktik perang harga. “Juga melindungi bisnis maskapai supaya konsisten eksis,” katanya. Kecuali itu, menjamin penumpang memperoleh harga relatif murah.

Dua beleid seputar harga karcis pesawat anyar hal yang demikian rilis pada Jumat lalu, 29 Maret 2019. Undang-undang itu adalah revisi dari beleid sebelumnya, adalah Undang-undang Menteri Nomor 14 Tahun 2016.


0 Response to "Harga Tiket Pesawat Turun, Menteri Perhubungan minta harga tiket tetap stabil."

Post a Comment

Apa Pendapatmu Tentang Artikel Ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel