Ini Dia, 10 Prioritas Utama Pemerintah Indonesia Masuki 4IR

Revolusi Industri 4.0 yang belakngan digencarkan oleh pemerintah diharapkan dapat meningkatkan regulasi industri yang didukung penuh oleh pelaku usaha ternama di Indonesia salah satunya Niagahoster sebagai penyedia layanan hosting ternama.
Making Indonesia 4.0 
Sobat milinial, belakangan kita sering mendengar di tv, radio hingga media online terkait 4IR, kabarnya nih Indonesia ditargetkan menjadi pemain kunci di Asia. Dikutip dari kemenperin.go.id Bagi Indonesia, 4IR atau yang lebih dikenal Revolusi Industri 4.0 diharapkan dapat memberi peluang sektor manufaktur Indonesia untuk direvitalisasi dan juga sebagai pilihan mempercepat visi Indonesia agar bisa menjadi 10 raksasa ekonomi dunia.

Sekedar informasi bagi yang belum tau, Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah terobosan dimana suatu industri sudah mampu menggabungkan antara teknologi otomatisasi dan teknologi cyber. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyebutkan telah menyusun inisiatif untuk meluncurkan program “Making Indonesia 4.0” sebagai roadmap dan sebagai implementasi strategi dalam rangka menghadapi 4IR yakni Revolusi Industri 4.0. Roadmap atau Peta Jalan ini akan melibatkan pemerintah, kelompok industri, para pengusaha, penyedia layanan teknologi, hingga lembaga pendidikan dan lembaga riset. Program Making Indonesia 4.0 akan menjadi arah dan juga strategi pada pergerakan industri Indonesia, termasuk 10 prioritas nasional dalam upaya memperkuat struktur perindustrian Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Sosialisasi Roadmap Implementasi Industry 4.0 di Jakarta,
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto padaacara Sosialisasi Roadmap Implementasi Industry 4.0 di Jakarta,

Lantas, Seperti apa saja 10 Prioritas Utama RI Masuki Revolusi Industri 4.0? 

1. Pengembangan jalur barang dan sumber material 
Ketergantungan Indonesia akan bahan baku dan juga komponen bernilai tinggi, mengharuskan peningkatan produksi lokal di sektor hulu dan juga menengah. Untuk meningkatan daya produksi dan percepatan adopsi teknologi, Indonesia akan mengembangkan rancangan jangka panjang untuk memperbaiki alur aliran barang maupun material ditingkat nasional setelah itu menyusun strategi sumber material. 

2. Perombakan kembali kawasan industri 
Setelah membangun kawasan industri di berbagai daerah. Indonesia selanjutnya akan mengintensifkan regulasi kawasan industri termasuk memadukan roadmap kawasan yang menjadi fokus program kementrian Perindustrian “Making Indonesia 4.0” berdasarkan lokasi geografis dan juga roadmap untuk pengembangan transportasi dan infrastruktur. Kedepan untuk pengembangan pemanfaatan lahan, Indonesia akan mengevaluasi kawasan-kawasan industri yang ada juga akan membuat satu peta jalan kawasan industri yang lintas industri  dan juga komprehensif.

3. Perbaikan standar-standar keberlanjutan (sustainability) 
Pembangunan kemampuan keberlanjutan industri berbasis teknologi bersih, EV, biokimia, dan energi terbarukan akan menjadi tantangan kedepan bagi Indonesia. Indonesia diharapkan akan memenuhi persyaratan keberlanjutan yang akan datang, mampu mengenali peluang pertumbuhan yang ramah lingkungan dan penerapan aplikasi teknologi, serta mempromosikan lingkungan yang kondusif (termasuk peraturan, pajak dan subsidi) untuk investasi yang ramah lingkungan. Karena hal tersebut tidak lepas dari komunitas global yang telah menyuarakan kekhawatiran terkait keberlanjutan di berbagai sektor.

4. Pemberdayaan UMKM
Kurang lebih 70 persen tenaga kerja Indonesia bekerja di sektor mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemerintah Indonesia membangun platform e-commerce untuk UMKM, petani maupun pengrajin dan juga mendirikan sentra sentra teknologi (technology bank) untuk meningkatkan akses UMKM bagi akuisisi teknologi, dan memberikan dukungan mentoring untuk mendorong inovasi di sektor-sektor terkait. 

5. Mendirikan infrastruktur nasional berbasis digital
Sebagai penopang roadmap program Making Indonesia 4.0, Indonesia akan mempercepat pengembangan infrastruktur berbasis digital yang mencakup akses internet dengan kecepatan tinggi dan digital capabilities yang berkolaborasi dengan pemerintah, publik dan swasta untuk dapat berinvestasi di teknologi digital seperti cloud, data center, security management dan infrastruktur broadband. 

Persaingan sehat dibidang teknologi digital seperti cloud dapat menopang sektor digital secara masiv, sektor ini diantaranya penyedia layanan hosting. Niagahoster sebagai salah satu pelopor hostingan terus melakukan inovasi dari berbagai aspek yang hal ini selain dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk menggunakan layanan lokal juga dapat meningkatkan perekonomian.
Indonesia juga akan menyelaraskan standar digital, sesuai dengan norma-norma global, untuk mendorong kolaborasi antar pelaku industri sehingga dapat mempercepat transformasi digital. 

6. Menarik minat investasi asing 
Pelaku industri manufaktur terkemuka diharapkan dapat terlibat untuk menutup kesenjangan teknologi dan mendorong inovasi teknologi ke industry lokal. Untuk meningkatkan FDI, Indonesia akan melibatkan beberapa industri manufaktur global, 100 industri manufaktur teratas dunia dipilih dan juga menawarkan insentif yang menarik, serta berdialog dengan pemerintah asing dengan bekerja sama ditingkat nasional. 

7. Mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas
Sumber daya manusia merupakan salah satu hal penting dalam pelaksanaan Making Indonesia 4.0. Indonesia berencana untuk merombak kurikulum pendidikan yang berpatokan pada STEAM (Science, Technology, Engineering, the Arts, dan Mathematics), dengan menyelaraskan kurikulum pendidikan nasional dan kebutuhan industri mendatang. Indonesia juga akan bekerja sama dengan perusahaan lokal dan pemerintah asing dalam rangka peningkatan kualitas sekolah kejuruan, beserta perbaikan program mobilitas tenaga kerja global untuk memanfaatkan ketersediaan SDM dalam mempercepat transfer kemampuan. 

8. Pengembangan ekosistem inovasi
Salah satu hal yang dapat menyukseskan Making Indonesia 4.0 yaitu ekosistem inovasi. Dengan mengembangkan cetak biru pusat inovasi nasional, menyiapkan percontohan pusat inovasi hingga pengoptimalan regulasi terkait, diantaranya perlindungan akan hak atas kekayaan intelektual dan juga insentif fiskal kolaborasi lintas sektor diantara pelaku usaha dengan universitas dapat tumbuh dengan pesat. 

9. Insentif untuk investasi teknologi
Salah satu potensi penggerak industry untuk terus berinovaasi dan mampu menjadi adopsi teknologi yaitu dengan Insentif. Pemerintah Indonesia akan kembali mendesain rancangan insentif adopsi teknologi, seperti subsidi, potongan pajak perusahaan, dan pengecualian bea pajak impor kepada industry yang mendukung program 4IR. Disamping itu, Indonesia juga akan mengucurkan dana investasi negara sebagai inovasi di bidang teknologi canggih dan pendanaan tambahan bagi kegiatan investasi.

10. Sinkronisasi aturan dan kebijakan 
Indonesia berkomitmen melakukan perbaikan regulasi industry dengan melakukan penyelarasan aturan maupun kebijakan demi tercapainya daya saing industri dan juga memastikan koordinasi yang erat antara kementerian, lembaga terkait dan pemerintah daerah. 

10 rencana diatas, menggambarkan kepada kita bahwa Indonesia dalam hal ini kementrian perindustrian bersungguh-sungguh untuk menerapkan revolusi industry 4.0. Roadmap Making Indonesia 4.0 memberi arah dan strategi kepada industri Indonesia mendatang, termasuk 10 prioritas nasional untuk menumbuhkan struktur perindustrian Indonesia. 

Niagahoster sebagai salah satu penyedia layanan teknologi digital yakni salah satu penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia juga diharapkan dapat turut serta berkomitmen untuk bersama-sama mewujudkan revolusi industry 4.0. 

Melalui partisipasi aktif dan komitmen dari berbagai pemangku kepentingan, meliputi kementerian dan lembaga pemerintah lainnya, kemitraan melalui pihak industri swasta dan pelaku industri terkemuka, investor, institusi pendidikan lembaga riset, kami yakin cetak biru Making Indonesia 4.0 dapat dijalankan dengan sukses.

Sumber reffrensi:
https://www.maxmanroe.com/revolusi-industri-4-0.html
www.kemenperin.go.id/artikel/18967/Making-Indonesia-4.0:-Strategi-RI-Masuki-Revolusi-Industri-Ke-4

0 Response to "Ini Dia, 10 Prioritas Utama Pemerintah Indonesia Masuki 4IR"

Post a Comment

Apa Pendapatmu Tentang Artikel Ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel