4 Langkah yang Perlu Dilakukan Sebagai Writing Freelance




Saat kamu ingin memulai untuk menjadi Writers Freelance, mendapatkan kepercayaan diri dan mengetahui langkah-langkah yang tepat adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat memberi dorongan memulai karir sebagai Writers Freelance atau penulis lepas.

Anda dapat memulai karir kamu dibidang ini dengan memperhatikan beberapa langkah diantaranya: Meneliti pasar yang akan kamu terjuni, membuat sampel, menemukan proposisi nilai unik yang kamu miliki dan membuat pitch dan rencana pemasaran untuk membangun bisnis kamu.

Meneliti pasar
Anda tidak dapat memulai bisnis sebagai writer freelance tanpa mengetahui apakah ada permintaan untuk layanan kamu. kamu mungkin memiliki semangat yang tinggi untuk menulis dengan topik yang sangat menarik, tetapi jika tidak ada klien yang akan mempekerjakan kamu untuk melakukan pekerjaan ini, tidak mungkin kamu akan dapat membangun bisnis penulisan lepas yang berkelanjutan.

Melakukan penelitian kamu terlebih dahulu membantu untuk mengklarifikasi apakah ada industri yang meminta penulis lepas sesuai dengan bidang keahlian atau hasrat kamu dan siapa yang dapat mengklarifikasi bagaimana kamu dapat mempersempit keseluruhan rencana pemasaran kamu. 

Sangat disarankan agar kamu melihat beberapa karir para pekerjaan lepas di luar sana untuk lebih memahami jenis pekerjaan dan bidang serta industri tempat klien ideal sebagai sarana mempublikasikan hasil kerja mereka. Ada beberapa sarana bagi kamu yang akan terjun kedunia freelance khususnya sebagai penulis lepas, tetapi Ingatlah bahwa tidak setiap klien akan memposting pekerjaan mereka di beberapa situs ini. Beberapa situs yang paling umum diantaranya:
  • Upwork
  • Freelancewritinggigs
  • Writer’s Weekly
  • Guru
  • Freelancer
  • ProBlogger
Proses penelitian ini sangat berperan untuk memberi kamu setidaknya ide dasar tentang apakah ada perusahaan di luar sana akan tertarik dan mengajak bekerja sama. Ingatlahpula bahwa tidak setiap perusahaan akan tertarik mempekerjakan freelancer.


Buat sampel kamu dan temukan proposisi nilai unik kamu
Hal berikut yang perlu kamu lakukan yaitu membuat sampel pekerjaan, yang ini juga merupakan hal yang sangat penting. kamu mungkin ingin melakukan penelitian terhadap penulis lepas lainnya yang ahli dalam jenis proyek atau industri yang akan kamu geluti hanya untuk memberi kamu gambaran tentang apa lagi yang ada di luar sana.

Selain itu, kamu harus mengetahui proposisi nilai unik kamu, yang dapat kamu  tawarkan kepada pelanggan. Sementara setiap penulis dapat menghasilkan karya berkualitas tinggi, jadi dari pengalaman kerjamu kamu harus memiliki hal yang berbeda dari penulis lain sebagai nilai tambah yang bisa kamu jual kepada klien. Bisa jadi kamu tepat waktu setiap waktu, atau kamu menjamin orisinalitas, atau mungkin kamu memiliki 20 tahun pengalaman di bidang yang kamu tulis, intinya kamu harus membahasakan agar klien nanti tertarik untuk bekerja sama denganmu.

Pikirkan tentang apa yang membuat kamu berbeda dari penulis lain dan bagaimana kamu dapat menonjol dari kerumunan. Ini sangat penting ketika kamu memulai karir menulis lepas kamu, karena kamu mungkin menggunakan metode pemasaran seperti papan pekerjaan, di mana kamu akan langsung bersaing dengan penyedia freelance lainnya. Sampel kamu harus mengkomunikasikan kemampuan menulis kamu secara keseluruhan dan diselaraskan dengan jenis proyek yang ingin dipekerjakan oleh klien.


Buat rencana promosi / pemasaran kamu
Membuat pitch dan rencana pemasaran kamu selalu merupakan langkah yang harus dilakukan setelah kamu membuat sampel karena praktik menciptakan sampel dan mengidentifikasi proposisi nilai unik kamu dapat membuka mata kamu tentang apa yang membuat kamu berbeda jika dibandingkan dengan penulis lain.
Pitch dan rencana pemasaran kamu harus menjadi sesuatu yang dapat kamu pertahankan. Memperhatikan angka, baik itu jumlah pitch yang akan kamu kirim setiap minggu atau jumlah jam yang kamu habiskan untuk membangun bisnis kamu, dapat membantu kamu bekerja menuju pencapaian pengembangan bisnis kamu dan melakukannya dengan sukses. Banyak penulis lepas jatuh jika mereka mengirim pasangan pertama mereka dan tidak mendengar atau memiliki klien yang mengatakan kepada mereka bahwa mereka tidak tertarik.
Berikut ini beberapa kiat untuk membuat rencana pemasaran:
  • Bersiaplah untuk memasang jaring lebar dengan jangkauan atau pitching mingguan kamu. Rencanakan untuk menghubungi lebih banyak orang daripada yang akan kamu konversi. Mengirim 25 pitch per minggu adalah cara yang bagus untuk membuat bola bergulir.
  • Sisihkan jam tertentu dalam kalender kamu untuk pekerjaan pemasaran. Saat pertama kali diluncurkan, saya sarankan lima hingga sepuluh jam per minggu.
  • Tetap berpegang pada tujuan kamu dan meminta pertanggungjawaban diri sendiri; memposting tujuan pitching mingguan kamu di catatan di meja kamu atau di spreadsheet di mana kamu melacak kemajuan kamu.
  • Lakukan riset sebanyak mungkin tentang kiat pemasaran spesifik untuk platform pilihan kamu (mis. LinkedIn atau email dingin).
  • Buat catatan tentang pitches dan metode pemasaran apa yang paling berhasil untuk kamu. Dua metode pemasaran teratas kamu harus menjadi yang kamu fokuskan.

Semoga Bermanfaat...
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url