Upah Minimum 2021 Tak Naik Jadi Jalan Tengah Pengusaha-Buruh

Menaker Sebut Upah Tak Naik Jadi Jalan Tengah Pengusaha-Buruh

Dilansir dari CNN.com Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengaku keputusan tidak mendongkrak upah minimum 2021 adalah jalan tengah yang dipungut pemerintah di tengah situasi krisis dampak covid-19.

Menurutnya, keputusan yang ditegaskan dalam Surat Edaran (SE) Nomor M/11/HK.04/2020 tersebut juga sudah dikaji secara mendalam oleh Dewan Pengupahan Nasional (Depenas).


Pasalnya, pandemi covid-19 telah dominan  kondisi perekonomian dan keterampilan perusahaan dalam mengisi hak pekerja/buruh tergolong dalam menunaikan upah.

Selanjutnya, upah minimum 2021 ini secara sah akan diputuskan dan diberitahukan oleh semua pemerintah wilayah pada akhir Oktober 2020.

"Sehubungan dengan urusan itu di atas, diminta untuk Saudara guna menindaklanjuti dan mengucapkan Surat Edaran ini untuk Bupati/Walikota serta pemangku kepentingan berhubungan di distrik Saudara," tandas Ida. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah bakal tetap mengawal tingkat daya beli masyarakat Indonesia melalui kepandaian fiskal berupa pertolongan sosial (bansos). Program ini diteruskan sebagai antisipasi dari kepandaian Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 yang tak naik alias sama dengan 2020.

"Pemerintah bakal terus membetulkan daya beli masyarakat," ucap Ani, sapaan akrabnya, ketika konferensi pers virtual hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) periode Kuartal III 2020, Selasa (27/10).
Menurutnya, urusan ini tak bertolak belakang dengan kepandaian yang ketika ini dilaksanakan pemerintah. Pada tahun ini, pemerintah memperhitungkan dana selama Rp220 triliun guna perlindungan sosial melalui sekian banyak  bansos di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).    


Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url