Bale Bale Bambu, Menjaga Tradisi Warisan Leluhur

 Bintan - Merajut asa dari seutas bambu yang terbengkalai. Furniture bambu sudah mulai ditinggalkan di era mileneal, padahal furniture bambu memiliki seni tersendiri nilai keindahannya. Apabila bambu dikerjakan dengan benar, diawetkan (treatment) dengan benar dan difinishing yang tepat, furniture bambu bisa bertahan bertahun tahun.

Sebagai upaya melestarikan bale bale bambu sebagai tradisi warisan nenek moyang kita, tidak ada salahnya kita mulai menggunakan bahan organik dari alam ini untuk kebutuhan kita menerima tamu diteras, apalagi di masa pandemi covid-19 yang terjadi saat ini, menerima tamu yang tidak kita ketahui jejak asal usul riwayat perjalanannya lebih tepat diluar rumah, lebih tepatnya diteras.

Sangat jarang kita menemukan rumpun bambu di Kabupaten Bintan, namun dalam keterbatasan itu ternyata masih ada bambu yang bisa dimanfaatkan, yaitu jenis bambu tali.

Dengan memilih bambu yang sudah tua, diyakini furniture akan lebih kuat dan awet. apabila difinishing dengan tepat, furniture bambu juga tampak menawan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url