Hari Air Sedunia, Ini Pesan Anak Rimba

Hari air sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, sebagai bentuk peringatan bagi kita semua agar melakukan upaya pengelolaan air dengan sebaik mungkin. Pembangunan kawasan perkotaan, pembangunan perumahan, pembangunan pabrik, pembangunan desa, pembangunan suatu kabupaten, suatu wilayah harus memperhatikan ketersediaan sumber air secara berkelanjutan. Tentu kita semua dapat membayangkan betapa sulitnya bila suatu wilayah dilanda kemarau yang berkepanjangan, akhirnya sumber mata air terhenti, semakin jauh dan sulit. 

Setetes Air Bagi Kehidupan

Begitu banyak orang memahami betapa pentingnya kebutuhan air dan susahnya bila tidak tersedia air bersih, namun sayangnya tidak semua menyadari dan berupaya untuk menjaga ketersediaan air secara berkelanjutan. Sesuai peraturan yang telah diterbitkan oleh pemerintah, bahwa dalam proses pembangunan suatu wilayah, paling tidak harus menyediakan 30 persen hutan lindung untuk menjaga kelestarian sumber daya alam termasuk menjaga ketersediaan mata air. 

Kita semua menyadari dan mengetahui bahwa berteduh dibawah pohon yang rindang sangatlah sejuk, pohon beringin yang rindang dengan akar gantungnya mampu menyediakan sumber air bagi makhluk hidup yang membutuhkan, hutan lindung yang terjaga ekosistemnya menjamin ketersediaan air juga terjaga. Namun sayangnya masih selalu saja ada tangan-tangan jahil yang terus berupaya untuk memusnahkan kelestarian sumber daya alam tersebut dengan berbagai upaya penguasaan diantaranya, pembalakan liar, pembakaran hutan, pertambangan tanpa perhatikan kelestarian dan pemulihan lingkungan. 

Anak Rimba 'Forester', penjaga hutan demit berpesan, "Mari kita menjadi bagian penyelamat lingkungan, penyelamat kelestarian alam, penjaga bumi, penjaga air bersih, mencintai hutan, merawat pohon di wilayah ruang terbuka hijau (RTH), membangun dengan memperhatikan lingkungan,"

"Setiap rumah hendaknya menyediakan space (ruang) RTH untuk menanam pohon agar rumah menjadi sejuk, udara terjaga, suhu terjaga, air terjaga. Jalan, area parkir tidak seharusnya di cor semen semuanya, mungkin dengan paving blok bisa menyediakan space untuk penyerapan air".

Selamat Hari Air Sedunia... mari gunakan air seperlunya dan menjadi bagian penjaga kelestarian air.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url