Kulit Sensitif dan Jenis-jenisnya

Banyak yang tidak memahami penyebab kulitnya menjadi tiba-tiba begitu gatal, Orang yang mempunyai kulit sensitif tidak jarang kali menikmati keluhan pada kulit, laksana ruam, gatal, kering, beruntusan, sampai rasa terbakar atau perih pada kulit. Keluhan-keluhan itu umumnya hadir setelah kulitnya terkena zat tertentu, atau udara yang kering dan dingin.

Kulit Sensitif, perbedaan alergi dan kulit sensitif, jenis kulit sensitif.
Ilustrasi Kulit
(image: freepik.com)

Seperti Apa Kulit Sensitif?

Kulit sensitif ialah istilah guna mendeskripsikan situasi kulit yang mudah merasakan iritasi dampak reaksi berlebihan terhadap sekian banyak  faktor, laksana udara atau bahan kimia dalam produk perawatan atau pembersih kulit. Kulit sensitif akan bereaksi pada beberapa jenis produk atau bahan. 

Apa perbedaan alergi dan kulit sensitif?

Kulit Sensitif, perbedaan alergi dan kulit sensitif, jenis kulit sensitif.
Ilustrasi Kulit
(image: lifebuoy.co.id)

Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menjadi aktif dan bereaksi berlebihan ketika tubuh terkena debu, makanan, atau zat kimia tertentu. Reaksi alergi pada kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi kemerahan, terasa gatal, perih, atau bengkak.

Sedangkan pada kulit sensitif, masalahnya bukan pada zat atau benda tertentu, tetapi seberapa tidak sedikit atau seberapa tidak jarang seseorang memakai suatu produk atau terkena oleh zat tertentu.

Sebagai contoh, ketika seseorang memakai produk yang berisi serum vitamin C 10% yang adalahsuatu zat asam, kulitnya barangkali tidak menikmati keluhan atau reaksi tertentu. Namun ketika ia memakai serum vitamin C 20% yang lebih asam, kulitnya merasakan iritasi.

Reaksi iritasi ini bukan diakibatkan oleh alergi, namun sebab sifat kimiawi pada produk tersebut terlampau keras guna kulitnya. Inilah yang menimbulkan fenomena kulit sensitif.

Perbedaan beda antara kulit sensitif dan alergi ada pada waktu timbulnya reaksi. Reaksi alergi dapat hadir sesaat sesudah terpapar sebuah zat, atau dapat juga baru muncul sejumlah waktu kemudian, selama 12-48 jam setelahnya. Sedangkan empunya kulit sensitif bakal langsung menikmati keluhan pada kulit sesudah terpapar hal pemicu.

Apa saja jenis kulit sensitif?

1. OSPW (Oily - Pigmented - Sensitive - Wrinkled)

Jenis kulit yang kesatu ini ditandai dengan jerawat, kemerahan, dan kecenderungan untuk merasakan ruam. Warna kulit tidak merata dengan penggelapan (pigmentasi) dan kerutan halus di bagian-bagian yang sering merasakan inflamasi.

Jenis kulit ini rentan penuaan dini. Penyebab utamanya ialah paparan sinar matahari berlebih dan kelaziman merokok.

2. OSPT (Oily - Sensitive - Pigmented - Tight)

Tipe kulit yang ini ditandai dengan kemerahan, jerawat, minyak berlebih di lokasi tertentu, penggelapan, tetapi tidak gampang berkerut. Jumlah garis halus di dahi, sudut mulut, dan mata terlihat lebih samar daripada empunya jenis kulit OSPW. Namun pigmentasi ingin lebih parah.

3. OSNW (Oily - Sensitive - Non-pigmented - Wrinkled)

Jenis kulit sensitif, berjerawat, dan berminyak yang mudah merasakan penuaan dini. Pasalnya, tipe kulit ini tidak terlindung dari pigmentasi yang sebenarnya bermanfaat untuk mengayomi kulit dari efek merusak sinar matahari berlebih.

4. OSNT (Oily - Sensitive - Non-pigmented - Tight)

Ini ialah tipe kulit sensitif yang lebih enteng jika dikomparasikan OSNW, OSPT, dan OSPW. Meskipun gampang berjerawat dan iritasi, jenis kulit sensitif ini tidak mudah merasakan penggelapan atau fenomena penuaan dini lainnya. Anda melulu menerapkan gaya hidup yang sehat dan kulit sensitif Anda bakal lebih 'ramah' setelah melalui masa remaja.

5. DSPW (Dry - Sensitive - Pigmented - Wrinkled)

Jenis kulit sensitif yang kering pun ada, lho. Ada pun kulit yang tidak berminyak, tetapi bermasalah dengan jerawat dan ruam kemerahan. Tipe kulit yang satu ini pun mudah merasakan penggelapan, flek hitam, dan keriput.

6. DSPT (Dry - Sensitive - Pigmented - Tight)

Tipe kulit kering dan sensitif yang mudah merasakan penggelapan, tetapi tidak gampang keriput. Anda butuh tabir surya atau pelembap yang dilengkapi SPF tinggi untuk mengayomi kulit dari penyampaian sinar matahari yang berlebihan. Pasalnya, lapisan pelindung kulit kita tidak terlampau bagus.

7. DSNW (Dry - Sensitive - Non-pigmented - Wrinkled)

Masalah utama jenis kulit yang satu ini ialah kekeringan, iritasi, dan garis-garis halus. Namun ketahanannya terhadap pigmentasi yang diakibatkan paparan sinar matahari berlebih lumayan baik.

8. DSNT (Dry - Sensitive - Non-pigmented - Tight)

Kekeringan, jerawat, dan ruam kemerahan adalahmasalah utama tipe kulit DSNT. Namun kita tak butuh terlalu cemas dengan pigmentasi dan garis-garis halus. Pastikan saja kulit tidak jarang kali lembap dan tidak sampai merasakan dehidrasi.

Referensi:
  • https://www.merdeka.com/gaya/mengenal-8-jenis-kulit-sensitif-sudah-tahu-semuanya.html
  • https://www.alodokter.com/mengenali-kulit-sensitif-dan-cara-menanganinya-dengan-tepat 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url