Ular dan Reptil Lainnya Bisa Disertifikasi Legal, Nggak Harus Diseludupkan

Diantara sobat Antara mungkin ada yang menekuni hobi menjadi pecinta reptil, baik itu ular, kadal, iguana maupun reptil lainnya. Sobat tahu nggak kalau reptil tersebut bisa dilalulintaskan antar area bahkan antar negara asalkan memenuhi persyaratan tertentu yang telah ditetapkan pemerintah. Ribet? nggak juga karena yang namanya peraturan harus dipenuhi agar tatanan kehidupan benar-benar terlaksana dengan baik. Setiap peraturan memiliki tujuan menjaga tatanan tetap stabil dan kondisional. 

Ular Ball Phyton dalam pemeriksaan karantina

Satwa ular maupun reptil lainnya tetap dapat disertifikasi sebagai surat jalan, surat ijin maupun surat jaminan kesehatan dan keamanan sehingga dapat dilalulintaskan dan dapat dikirim. Sebagaimana kutipan admin pada laman Badan Karantina Pertanian, bahwa Karantina Pertanian Tanjungpinang telah mensertifikasi ular ball phyton yang akan dikirim ke Jakarta, Pejabat Karantina Pertanian telah memastikan kesehatan, keamanan kemasan sehingga tidak membahayakan dan memenuhi persyaratan animal wellfar.

Sejumlah 11 ekor ular dengan jenis ball python akan dikirim ke Jakarta Barat, Minggu (14/03). Malik sebagai Pejabat Karantina merespon permohonan karantina dengan keramahannya. Beberapa pertanyaan untuk mengisi keterangan dari media pembawa dilontarkan sebagai data karantina.
Dokumen asal juga diminta sebagai dasar administrasi. Harus dipastikan bahwa satwa yang akan dilintaskan tidak dilarang. Setelah lengkap, dilakukan tindakan pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi adanya hama penyakit hewan pada ular python ini. Selain itu, kemasan juga diperiksa untuk dipastikan kelayakannya.
Setelah melalui serangkaian tindakan karantina, ular dinyatakan sehat dan memenuhi persyaratan. Maka, Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11) dapat diterbitkan.
"Sebelas ekor ular yang dilaporkan ke kami sudah diperiksa, status kesehatannya baik. Sehingga ular ini dapat dikirim ke daerah tujuan," tutur Malik.

Nah, bagi sobat pecinta reptil, sekarang tak ada alasan untuk melakukan penyeludupan reptil yaa.. kasihan kalau harus disembunyikan dalam kemasan yang tidak layak.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url