Babadotan, Gulma Dengan Sejuta Manfaat

Dari sebuah cerita angon tawon, terungkap... ternyata gulma babadotan memiliki manfaat dibalik posisinya yang terkadang menjadi tumbuhan pengganggu. seperti apa kisah babadotan yang punya sejuta manfaat, simak ulasan kami tentang angon lebah / menggembala lebah.

Angon atau menggembala adalah kegiatan yang menyenangkan. Dulu waktu masih sekolah pekerjaan yg sering kami lakukan adalah menggembala sapi. Membawa sapi ke padang rumput, menjaga dan membawa kembali pulang dengan selamat dan sapi sudah kenyang serta gembira. Karena sapi yang digembalakan tidak hanya mencari makan, tapi juga berolahraga, berjalan dan sering berlarian...


Sekarang yang di angon lain, yaitu lebah Kelulut, lihat kemana dia mencari makan... 


Ternyata lebah Trigona yang memiliki ukuran tubuh cukup mungil, menyukai bunga ukuran kecil yang letak polennya tidak terlampau dalam. Di vegetasi alami ini, lebah Trigona kerap mencari makan di bunga babadotan dan bunga tumbuhan asistasia. Dimana kedua tumbuhan tersebut bisa menjadi gulma di sekitar tanaman yang dibudidayakan.


Tapi di vegetasi ini, babadotan dan asistasia merupakan sumber pakan lebah Kelulut selain tanaman buah dan bunga air mata pengantin.


Setelah tulisan tersebut di upload di medsos, ternyata ada komentar dari netizen bahwa tumbuhan babadotan punya sejuta manfaat, selain sebagai gulma ternyata baunya yang khas bisa menjadi pestisida nabati, selain itu bunganya juga bisa menjadi pakan alternatif bagi lebah, dan sebagai tumbuhan indikator (Yit).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url