Merdeka Ekspor Adalah Hak Semua Bangsa, Mentan SYL


Bulan Agustus identik dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, karena HUT RI jatuh pada tanggal 17 Agustus disetiap tahunnya. Seluruh rakyat Indonesia merayakan kemerdekan disetiap bulan Agustus, pemasangan bendera merah putih pun dilakukan selama satu bulan penuh untuk perayaan yang paling sederhana, selain kegiatan positif lainnya yang bisa dijadikan untuk mengisi perayaan kemerdekaan. Kementerian Pertanian dengan menterinya Syahrul Yassin Limpo (SYL) akan menyelenggarakan sebuah event pelepasan ekspor yang dikemas dengan tema #MerdekaEkspor. 

Merdeka Ekspor adalah hak semua bangsa dan orang, melalui ekspor produk pertanian, kita kibarkan bendera kita di manca negara. #MerdekaEkspor #EksporTumbuh #NegaraTangguh begitulah yang dituliskan SYL dalam flier yang tersebar. 

Dengan adanya kegiatan #MerdekaEkspor ini diharapkan kegiatan eksportasi komoditas pertanian dapat semakin meningkat, geliat usaha pertanian dengan orientasi ekspor dapat terus tumbuh dan meningkat. Tujuan akhir dari peningkatan ekspor adalah kesejahteraan bagi petani, rakyat Indonesia dan bangsa Indonesia. 

Petani, pengusaha dan masyarakat harus semakin jeli dalam berusaha. Setiap daerah memiliki potensi yang berbeda dengan daerah lain, maka galilah potensi sumber daya alam yang ada sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Suatu daerah yang tidak memungkinkan menanam padi, mungkin akan subur bila ditanam komoditas lain. Adanya perbedaan waktu musim panas dan hujan antara wilayah barat dan timur merupakan sebuah celah yang bisa dimanfaatkan untuk menggeser koordinat ekspor.

Disaat wilayah pulau Jawa mengalami musim penghujan, ternyata di wilayah Sumatera justru sedang musim panas (kemarau), demikian pula sebaliknya. Dengan kondisi seperti ini, beberapa buah tropis pun ternyata memiliki masa panen yang berbeda antara musim buah di daerah Bali dan Sumatera. 

Kegiatan Merdeka Ekspor yang akan dilaksanakan pada, Sabtu 14 Agustus 2021 diselenggarakan secara daring dan luring. Secara bersamaan ada 17 pintu atau tempat pengeluaran ekspor komoditas pertanian yang akan diselenggarakan pelepasan ekspor komoditas pertanian. Angka 17 diambil sesuai dengan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo akan melepaskan ekspor komoditas pertanian dalam agendan #MerdekaEkspor secara daring dari Istana Negara.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url