BAHAYA Penggunaan Minyak Goreng Bekas Terhadap Kesehatan

Karlotapost-Artikel. Penggunaan minyak goreng bekas atau jelantah secara berulang-ulang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Meski begitu, masi saja banyak orang tidak memperdulikan hal ini dengan dalih untuk menghemat penggunaan minyak.

Penggunaan minyak goreng bekas

Minyak goreng bekas yang dipakai memasak secara berulang-ulang, akan berubah menjadi cokelat tua hingga hitam, baunya pun akan menjadi tengik. Perubahan pada warna dan bau tersebut diakibatkan proses pemanasan secara berulang yang dapat menimbulkan sumber senyawa toksik dan radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai penyakit saat dikonsumsi.

Kurangnya pemahaman pada masyarakat terhadap bahaya terhadap penggunaan minyak goreng bekas juga merupakan masalah tersendiri, selain dapat mengurangi gizi makanan penggunaan minyak jelantah juga dapat menimbulkan penyakit serius.

Tahukah anda bahaya penyakit apa saja yang mengancam dari mengkonsumsi minyak goreng bekas?

  • Di lansir dari laman cantik.tempo.co beberapa penyakit serius yang dapat timbul dari penggunan minyak goreng secara berulang-ulang diantaranya:

cantik.tempo.co

    1. Diabetes
    2. Penuaan dini
    3. Kardiovaskular; penyakit ini dapat membuat tersumbatnya arteri jantung
    4. Penyakit genetik.
    5. Penyakit katarak maupun penurunan penglihatan
    6. Penyakit pada sistem imun, seperti rheumatoid arthritis dan kanker
    7. Penyakit pada sistem saraf pusat, diantaranya Alzheimer dan demensia

Tidak berbeda jauh dari sumber di atas pada halaman merdeka.com beberapa penyakit serius yang dapat timbul dari penggunaan minyak goreng secara berulang ini juga harus ada perhatikan.

1. Kolesterol 

Penyakit serius yang dapat timbul dari penggunaan minyak goreng secara berulang diantaranya menyebabkan penyakit degeneratif seperti kolesterol, kanker, dan penyakit jantung. 

2. Penyakit Jantung

Penyakit serius yang dapat timbul dari penggunaan minyak goreng bekas dengan berlebihan dapat meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah yang membuat kesehatan jantung terancam. Penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu penyebab kasus kematian tertinggi.

3. Kanker

Penyakit serius yang dapat timbul dari penggunaan minyak goreng secara berulang adalah sumber radikal bebas yang bisa menyerang sel-sel sehat dan memicu tumbuhnya abnormal sel kanker. Mengingat kanker adalah penyakit berat yang sulit disembuhkan, ada baiknya hindari makanan dari olahan minyak goreng bekas atau jelantah.

Sementara pada laman health.kompas.com beberapa penyakit serius yang dapat timbul dari penggunaan minyak goreng secara berulang diantaranya:
  1. Membuat rasa gatal di tenggorokan 
  2. Batuk 
  3. Dapat menumbuhkan kanker 
  4. Penurunan kualitas lemak 
  5. Penyakit jantung koroner

merdeka.com
Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, pada laman idntimes.com beberapa penyakit serius yang dapat timbul dari penggunaan minyak goreng secara berulang diantaranya:
  1. Obesitas
  2. Risiko kanker
  3. Kolesterol tinggi
  4. Diabetes gestasional bagi wanita hamil
  5. Tenggorokan gatal
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url