Investasi Emas, Untungkah? Yuk dicek

Karlotapost-Artikel- Menjadi rahasia umum bila masyarakat menjadikan emas sebagai salah satu format investasi guna dipetik hasilnya di masa mendatang. Berbagai format emas begitu diminati, seperti format emas perhiasan, emas dinar, dalam format batangan, dapat juga simpanan emas yang kegunaannya untuk pendanaan pendidikan, ongkos kesehatan, guna keperluan ongkos naik haji, bahkan melakukan pembelian rumah.

Manfaat dan Kekurangan Melakukan Investasi Emas, yuk dicek gtofreel.com.
Ilustrasi Kepingan Emas (Gambar: rumah.com)

Logam mulia yang diinginkan tidak sedikit orang ini mempunyai nilai yang lumayan tinggi dan nilai tukarnyapun terus naik masing-masing tahunnya. Inilah alas an untuk banyak masyarakat guna menjadikan emas sebagai investasi jangka panjang.

Jika anda masih pemula, pilihlah instrumen investasi yang gampang yakni emas. Kamu bisa mengerjakan investasi dalam format logam mulia, emas perhiasan, emas batangan dan voucher emas (emas digital).

Apa saja manfaat dan resiko investasi emas? berikut pembahasan gtofreel.com

Manfaat Melakukan Investasi Emas, yuk dicek gtofreel.com.
Ilustrasi Emas Batangan (Gambar: Bisnismuda.id)

  • Sesuai bujet

Walaupun keuntungannya besar, Anda tidak harus mempersiapkan banyak dana. Saat berinvestasi emas, Anda bisa membeli emas sesuai bujet yang Anda miliki. Bahkan, Anda bisa membeli 0,5 gr atau 1 gr emas senilai kurang dari Rp1 juta.

  • Nominal Investasinya Relatif Stabil

Alasan emas menjadi instrumen investasi klasik yang masih sangat digemari hingga sekarang ialah karena nominal investasinya relatif stabil. Harga emas ingin terus mengalami eskalasi setiap tahunnya mengekor skema pasar yang terdapat dan ingin lebih tahan terhadap ketidaktetapan inflasi. 

Meski terkadang turun tetapi masih dalam batas normal dan wajar. Sehingga andai kamu mengerjakan investasi pada instrumen ini, kamu dipastikan tidak bakal rugi. Berbeda dengan saham yang nilainya paling fluktuatif tergantung situasi pasar.

  • Bebas Pajak

Berbeda dengan mempunyai saham pada sebuah perusahaan tertentu. Keuntungan yang didapat dari investasi yang baik pada sebuah perusahaan tak kemudian langsung dinikmati oleh semua pemegang saham perusahaan tersebut.

Pasalnya, mendapatkan deviden ini terkadang juga dibuntuti dengan adanya pajak atau terkadang format keuntungan itu bukanlah dalam format uang tunai tetapi tambahan eksemplar saham perusahaan. Memiliki emas sebagai barang investasi adalahpilihan yang tepat bila Anda mengharapkan investasi bebas pajak.

  • Investasi Emas Cenderung Mudah Diuangkan

Jika sebuah saat anda membutuhkan duit untuk kebutuhan mendesak, contohnya untuk berobat, melakukan pembelian sesuatu, atau modal usaha tidak butuh pusing karena investasi emas ingin mudah diuangkan. Kamu bermukim menjualnya pulang di toko emas atau pegadaian andai harganya sedang naik supaya mendapatkan deviden dari harga beli.

Tidak melulu itu saja, emas juga dapat digunakan sebagai pengganti mata uang andai terjadi krisis moneter. Pasalnya sebelum mata duit resmi diterbitkan, emas memang dipakai sebagai perangkat tukar.

  • Investasi Emas Tidak Tergantung pada Kebijakan Pemerintah

Harga emas tidak terpengaruh secara langsung oleh kepandaian pemerintah karena harganya seringkali mengikuti situasi pasar. Meski demikian, terkadang andai mata duit rupiah ingin tidak stabil, harga emas dapat turun meskipun masih dalam nominal yang wajar. 

Di samping itu, andai kamu mengerjakan investasi emas, tidak terdapat pajak yang mesti anda tanggung baik saat melakukan pembelian atau menjualnya. Jadi deviden yang anda dapatkan dari mengerjakan investasi emas benar-benar tidak dicukur untuk kebutuhan apapun.

  • Banyak Tersedia di Platform Digital

Generasi muda sering kali suka bakal hal-hal yang praktis. Nah, sekarang sudah tidak sedikit lembaga yang menyediakan kemudahan online guna investasi emas. Dengan fasilitas tersebut, investasi emas semenjak dini pasti akan semakin diminati.

Sudah memahami keuntungan investasi emas di atas kan? namun tunggu dulu, kalian mesti memahami kekurangannya juga. Disamping keuntungan investasi emas laksana yang telah dijabarkan, berikut kekurangannya investasi emas yang harus kita ketahui.

Kekurangan Melakukan Investasi Emas, yuk dicek via gtofreel.com.
Kekurangan Melakukan Investasi Emas (Gambar: rumah.com)

  • Risiko Kehilangan Yang Cukup Tinggi

Inilah risiko kesatu yang mesti dihadapi oleh investor emas, khususnya yang menjadikan emas dalam format perhiasan yang keseharian digunakan. Risiko ini hadir dari kejadian perampokan yang barangkali terjadi khususnya bila perhiasan yang dipakai cukup tidak sedikit atau mencolok.

Investasi emas dalam format batangan dengan jumlah yang cukup tidak sedikit juga rawan dengan risiko ini. Maka untuk mengayomi aset mereka, pemegang investasi emas biasanya mau membayar lebih tidak sedikit dana untuk mencarter safe deposit box yang merupakan kemudahan sebuah bank guna menyimpan berkas maupun barang kepunyaan nasabah yang dirasa mempunyai nilai yang lumayan tinggi.

Dengan memperoleh keuntungan yang dirasa lumayan tinggi, investasi ini pun tak lepas dari risiko yang tidak rendah pula. Perlunya mempertimbangkan lebih lanjut tentang investasi ini bila Anda tidak yakin dengan lingkungan selama yang adalahancaman untuk investasi Anda.

  • Harganya Fluktuatif

Meski kecenderungan harga emas tidak jarang kali meningkat, tetapi peningkatan tersebut tidak kemudian terjadi masing-masing hari dan bukanlah sebuah kejadian yang memakan tidak banyak waktu. Disebut mempunyai kecenderungan penambahan harga emas sebab tinjauannya dilaksanakan dalam waktu sejumlah tahun.

Emas juga terkadang merasakan penurunan harga jual walau tak jarang merasakan kenaikan. Perubahan harga emas yang tidak jarang ini berpotensi mempersulit investor emas guna dapat menghitung nilai investasi emas yang anda miliki di masa mendatang.

Mungkin sejumlah investor akan memungut nilai tengah dari sebuah ketidaktetapan harga emas per gram guna menghitung nilai investasinya di masa depan dengan suku bunga tertentu. 

Hal ini barangkali tidak bakal berpengaruh tidak sedikit terhadap investor dengan investasi emas yang jumlahnya tidak terlalu luar biasa namun akan lumayan menjadi pertimbangan yang berat berhubungan dengan harganya yang fluktuatif untuk investor dengan jumlah investasi emas yang dapat dikatakan banyak. Jadi bila Anda berencana mempunyai investasi emas dalam jumlah besar, pertimbangkan hal fluktuasi harga emas.

  • Dampaknya Sangat Kecil Terhadap Ekonomi Riil

Memiliki investasi emas tidak dapat memberikan kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi secara riil. Hal ini diakibatkan bahwa deviden yang dimiliki ingin digunakan guna kepentingan individu investor meskipun sejumlah diantara investor emas memakai keuntungan investasi ini untuk keperluan pembelanjaan yang mana pembelanjaan atau konsumsi pun sebagai indikator perkembangan ekonomi.

Berbeda urusan bila investor mempunyai investasi dalam format saham perusahaan. Keuntungan yang didapat adalahakar dari deviden perusahaan, yang mana deviden ini akan dipakai kembali oleh perusahaan sebagai investasi lagi atau dipakai untuk mengongkosi jalannya roda perusahaan guna dapat memproduksi produk lebih tidak sedikit dan lebih baik.

  • Merupakan Investasi Jangka Panjang

Jelas. Investasi emas bukanlah pilihan yang cocok untuk investor yang mengharapkan keuntungan dalam masa-masa cepat. Fluktuasi harga emas yang lumayan besar tidak dapat menjamin investor bakal mendapatkan deviden besar dalam masa-masa singkat. 

Seperti yang sudah dilafalkan sebelumnya bahwa kecenderungan harga emas naik adalahproses yang lumayan lama, dengan kata lain untuk mendapatkan deviden dari selisih harga beli dan harga jual yang tinggi tidak dapat dilakukan dalam masa-masa singkat.

Fluktuasi harga emas ini pun tidak sedikit dipengaruhi hal nilai tukar mata duit nasional terhadap mata duit asing – yang sekarang menjadi pembicaraan hangat sebab disinyalir bakal menyamai kejadian tahun 1998 dimana US$1 setara dengan Rp 17.000. Penyebab lainnya adalahkondisi keuangan masyarakat sebuah wilayah tertentu, contohnya Indonesia.

Ketika masyarakat sedang dalam kondisi keuangan yang baik, investasi beda yang menjanjikan deviden lebih tinggi dalam masa-masa lebih singkat laksana investasi saham perusahaan tampak lebih unik dan menjanjikan. Pada akhirnya, investasi emas mulai ditinggalkan.

  • Harganya Cenderung Melambat Ketika Kondisi Ekonomi Stabil Melambatnya

Inilah yang menjadi kenyataan sekaligus ironi. Harga emas ingin mengalami peningkatan saat kondisi ekonomi dalam suasana tidak stabil. Bisa jadi dalam masa-masa ini terjadi inflasi yang menyebabkan eskalasi dan pun penurunan harga emas.

Bila inflasi terjadi jauh lebih tinggi daripada estimasi masyarakat, tidak menutup bisa jadi bahwa harga emas bakal jauh lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya. Kondisi ekonomi yang stabil bakal mendorong masyarakat guna konsumsi sewajarnya. Bila terjadi situasi ekonomi yang tidak stabil, emas dijadikan sebuah pilihan teraman untuk menyelamatkan kekayaan investor.

Itulah ulasan keuntungan dan kekurangan dari berinvestasi dengan emas. Ulasan ini bersumber dari beberapa link berikut:

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url