3 resiko saat disadap, apa saja resiko korban penyadapan?

Karlotapost-Artikel. Penyadapan memang bukan hal baru sekarang ini. Berbagai penemuan sebagai kemudahan komunikasi dimanfaatkan untuk hal buruk salah satunya sebagai alat penyadapan. Lantas, apa saja resiko saat kalian menjadi korban penyadapan?

Yuk dibaca yuk.

Apakah kalian pernah merasakan kejanggalan saat menggunakan hp tapi seakan tidak terjadi apa-apa? yuk pelajari apa saja resiko saat kalian disadap
3 hal ini bisa dilakukan penyadap terhadap gadget kalian, apa saja itu?

Setiap gadget dapat berpotensi disusupi penyadap walaupun pada kondisi tanpa jaringan Internet. Siapapun pemiliknya setiap handphone baik itu sekelas smartphone ataupun bukan, memiliki potensi disusupi penyadap yang mencoba memantau informasi dari maupun menuju pemilik gadget. 

Bentuk penyadapan yang sering terjadi belakangan, ialah penyadapan pada aplikasi whatsapp. Seseorang yang ingin menyadap suatu perangkat umumnya mencari tahu caranya di google "cara menyadap wa seseorang" atau "cara menyadap tanpa diketahui" dengan dalih untuk membuktikan kecurigaan terhadap target pantauan yang ingin disadap. 

Namun dalam proses hukum penyelidikan tentunya membutuhkan penyadapan terhadap target untuk memperoleh bukti terkait apa yang sedang diselidiki dalam hal ini biasanya para pejabat yang di curigai, para bandar narkoba, para teroris dan masih banyak lagi objek yang harus dilakukan pemantauan lebih lanjut.

3 hal apa saja yang bisa dilakukan penyadap terhadap smartphone anda

Mendengarkan Percakapan

Adalah hal pertama yang bisa dilakukan penyadap terhadap smarphone kita. Dalam hal ini si penyadap hanya mendengar dengan alat bantu yaitu mikrofon tanpa direkam.

Apakah kalian pernah merasakan kejanggalan saat menggunakan hp tapi seakan tidak terjadi apa-apa? yuk pelajari apa saja resiko saat kalian disadap
Hal yang bisa dilakukan penyadap terhadap gadget kalian | Karlotapost

Metode ini biasa dilakukan dengan memantau saja, cara ini biasa hanya digunakan untuk mendeteksi kata-kata yang dianggap beresiko seperti, bomb, teror, dsb. yang tidak berlanjut ke hal lebih lanjut. Metode ini pun dilakukan untuk mendapatkan informasi lokasi penelpon, seperti yang dilakukan pada penangkapan sang bandar narkoba kelas kakap di kolumbia yaitu dengan cara melacak sumber si target.

Merekam Percakapan

Hal ke dua yang bisa dilakukan penyadap terhadap gadget kalian diantaranya merekam percakapan. Kalau di awal si penyadap mendapat informasi hanya dengan mendengar percakapan kalian saat menelpon, metode ini mampu mendapat informasi dengan merekam percakapan saat kita sedang menelpon maupun saat ditelpon.

Teknik itu dapat dilakukan oleh operator seluler yang memang dengan otomatis menyimpan berbagai percakapan ke server mereka, dan saat aparat hukum hendak mencari bukti rekaman kepada penyedia layanan operator, maka informasi melalui rekaman inilah yang digunakan sebagai bahan penyelidikan lebih lanjut.

hal yang bisa dilakukan penyadap terhadap hp anda | Karlota Post
Merekam percakapan | Image 2.0

Masih banyak lagi alat untuk merekam percakapan, bahkan beberapa diantaranya dalam bentuk software apk yang di instal di smartphone target. cara kerjanya mudah, aplikasi tersebut akan merekam otomatis setiap percakapan yang dilakukan sitarget dan akan mengirimkan otomatis rekaman ke si penyadap. Ini tentu sangat melanggar privasi seseorang walaupun itu adalah orang dekat dari si penyadap.

Mengontrol Percakapan

Hal yang bisa dilakukan penyadap yang paling parah yaitu penyadap mampu mengontrol percakapan kalian. Kasus ini biasa terjadi pada aplikasi chating, dan yang lagi marak belakangan ini yaitu menyadap whatsap pacar maupun orang terdekat. 

Menyadap dengan whatsapp memang sangatlah mudah, bukan cuman itu menyadap dengan whatsapp bahkan mampu mengontrol whatsapp utamanya, artinya kontrol pengguna telah leluasa di gunakan oleh penyadap.

Si penyadap bukan hanya mampu membaca maupun merekam percakapan bahkan si penyadap mampu membalas ataupun mengirim hal hal yang tidak diinginkan. bisa dibayangkan bukan bila hal ini terjadi pada kita.

Apakah kalian pernah merasakan kejanggalan saat menggunakan hp tapi seakan tidak terjadi apa-apa? yuk pelajari apa saja resiko saat kalian disadap
Mengontrol percakapan | Image 3.0 WhatsappWeb

Namun kita tidak perlu khawatir asalkan hanphone kita dijaga dari discannya barcode whatsapp kita maka whatsapp kita akan terjaga dari kontrol yang tidak diinginkan dari orang orang disekitar kita.

Gambar 3.0 menunjukan bahwa untuk mengontrol whatsapp target kita membutuhkan autentikasi atau konfirmasi, mengontrol whatsapp hanya membutuhkan sekali konfirmasi makanya kita perlu mengecek secara berkala di menu "whatsapp web" di aplikasi whatsapp kita.

Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url