Ronald Koeman Dipecat Barca, Akankah Xavi Hernandez Merapat?

Ronald Koeman dipecat Barcelona usai mengalami kekalahan 1-0 dari Rayo Vallecano Kamis (28/10) dini hari WIB tadi, di Stadion Vallecas.

Koeman jalani laga terakhir sebagai pelatih Barcelona di pekan ke-11 Liga Spanyol.

Sepak Terjang Koeman

Hingga akhir laga asuhannya, Barcelona berada di urutan sembilan klasemen sementara liga Spanyol. Dengan empat kemenangan dari total sepuluh pertandingan LaLiga. 

Tidak hanya di kanca LaLiga, Blaugrana pun mengalami keterpurukan di Liga Champions musim ini, dengan menempati urutan ketiga Gru E yang terpaut enam angka dari pemimpin klasemen Bayern Munich. 

Koeman menjalani laga-laga terakhir sebagai pelatih Barcelona yang nampaknya akan dikenang pahit dalam kariernya.

Langkah Presiden Joan Laporta

Para petinggi Barcelona telah memperingati Koeman akan ketidak amanan dari posisinya, sebelumnya. Joan Laporta selaku presiden klub juga telah mengambil langkah beberapa pekan lalu. 

Dilansir dari goal.com, Presiden Joan Laporta sudah memberi kesempatan kepada Koeman dalam beberapa kesempatan, namun kesabarannya sudah habis. Keputusan FC Barcelona untuk melepas pelatih mereka mereka sudah dibuat beberapa pekan lalu, sebelum dilepas pada Rabu malam. 

Sementara dilansiri dari bolasport.com perjalanan udara dari Madrid ke Barcelona menjadi momen Joan Laporta membuat keputusan. 

Skuad dan rombongan staf dari Blaugrana termasuk dewan klub dan Presiden Laporta, berangkat pulang sekitar pukul 23.00 waktu setempat. 

Di atas pesawat, Laporta, beberapa staf senior dan petinggi klub membahas karir Koeman. Hasilnya, dari diskusi singkat itu lahirlah vonis PHK. "Barcelona telah membebaskan Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim utama," tulis pernyataan mereka yang dilansir dari BolaSport.com.

Merapatnya Xavi Hernandez

Ronald Koeman Dipecat Barca, Akankah Xavi Hernandez Merapat?
Koeman -Xavi (goal.com)

Xavi Hernandez merupakan bakal terkuat calon pelatih Barcelona selanjutnya. Xavi yang sebelumnya memiliki pengalaman melatih Al Sadd sebuah tim sepak bola Qatar yang bermain di Divisi Satu Liga Qatar yang hingga saat ini masih mengikat Xavi dengan kontrak. Namun kemungkinan Barcelona bisa mendapatkannya masih terbuka.

Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url