Benarkah Penerimaan CPNS 2022 Ditiadakan? Ini Penjelasannya

Karlotapost-News- Apakah benar pada 2022 pemerintah tidak akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)? Apakah benar ditahun depan hanya akan ada seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) saja.

CPNS | Ramai soal Pengadaan CPNS 2022, Akankah Ditiadakan? Simak penjelasan dari BKN

Rekrutmen CPNS

Belakangan postingan mengenai pembukaan seleksi CPNS 2022 ramai di jagat maya. Isu ini muncul pertama kali pada akun TikTok @Milli Umri yang menampilkan Screenshot akun IG Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana @wibisanabima mengenai peniadaan CPNS pada 2022 dan hanya membuka jalur PPPK saja.

“2022 hanya PPPK saja. Ke depan penerimaan PNS akan sangat-sangat-sangat sedikit. Yang banyak PPPK. PNS hanya untuk posisi pengambilan kebijakan. Di masa depan Total ASN itu idealnya 20persen PNS dan 80 persen PPPK. Kesejahteraan sama,” tulis Bima.

CPNS | Ramai soal Pengadaan CPNS 2022, Akankah Ditiadakan? Simak penjelasan dari BKN
Sumber: Kompas.com

Apakah CPNS 2022 Ditiadakan? Terus Apa Alasannya?


Saat dimintai konfirmasi terkait hal tersebut Bima membenarkan tahun depan hanya dibuka rekrutmen bagi jalur PPPK. “Tahun depan hanya PPPK saja,” ucap Bima sebagaimana dilansir dalam Kompas.com, edisi Ahad (10/10/2021)

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Dilansir dari kontan.co.id terkait penerimaan ASN pada tahun 2022 hanya tersedia untuk jalur PPPK. “Pengadaan ASN Tahun 2022 dilakukan hanya untuk PPPK,” ujar Tjahjo.

Pengadaan PPPK bagi formasi guru berjumlah 1 Juta formasi dan pada tahun ini yang memenuhi hanya 507.848 formasi guru PPPK. Adapaun sisanya direncanakan dibuka kembali pada 2022, untuk diusulkan oleh Pemerintah Daerah.

Artikel ini telah tayang di:

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url