Serangga Pembunuh Manusia Terbanyak di Dunia - Updated!


KarlotaPost-Artikel. Siapa sangka diantara ketiga serangga pembunuh ini ada yang tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan dari deretan serangga pembunuh manusia terbanyak ini, urutan pertama berada dirumah kita? Olehnya tiga serangga pembunuh ini digolongkan hewan yang harus diwaspadai oleh manusia.





Jika sebelumnya kami pernah mengulas 3 hewan paling berbahaya Namun kali ini berkisar pada serangga yang ke tiga serangga pembunuh ini telah kami rangkum dalam deretan 3 serangga pembunuh manusia terbanyak di dunia versi @karlota post. Deretan 3 Hewan Paling Berbahaya





3. Kalajengking - Waspada dengan serangga pembunuh manusia ini





Kalajengking - Waspada dengan serangga pembunuh manusia ini
Kalajengking merupakan hewan jenis serangga yang patut diwaspadai (kredit: KHALED DESOUKI | Kredit: AFP via Getty Images)




Berada di peringkat pertama 3 Serangga Pembunuh Manusia Terbanyak, Kalajengking termasuk  kedalam kelompok hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda) dan termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida.





Mereka kebanyakan ditemukan dibagian utara, kecuali  Antartika dan Selandia Baru. Kalajengking memiliki kemiripan dengan caplak, laba-laba, dan tungau. Terdapat sekitar 2000 jenis kalajengking.





Hewan ini terkenal dengan racun pada ujung ekornya yang dapat beracun yang bisa mematikan. Diketahui ada 25 spesies kalajengking yang memiliki racun berbahaya, dan dari jenis itu di kisarkan kurang lebih 5000 orang tewas setiap tahun.





Sengatan kalajengking merupakan insiden utama masyarakat di banyak negara tropis dan subtropis terbelakang, terutama Afrika Sahel, India Selatan, Timur Tengah, Meksiko, dan Amerika Latin Selatan. Perkiraan jumlah sengatan kalajengking pertahun yaitu berkisar 1,2 juta yang menyebabkan kematian 3250 (0,27%).





Bayangkan perbandingannya, untuk setiap orang yang terbunuh oleh ular berbisa, 10 orang bisa terbunuh oleh kalajengking berbisa. Di Meksiko, 1000 kematian akibat sengatan kalajengking terjadi per tahun. Di Amerika Serikat, hanya 4 kematian dalam 11 tahun yang terjadi akibat sengatan kalajengking.





Kalajengking, bisa saja ditemukan di luar habitatnya, di antaranya dalam bagasi, kotak, kontainer, atau sepatu yang beberapa diantaranya tanpa disadari terbawa oleh orang yang barusan berpergian jauh.





Hewan ini memiliki racun neurotoksin dan inhibitor yang mampu menginjeksikan berbagai penyakit. Jadi anda patut berhati-hati dengan hewan yang satu ini.





Kalajengking sebenarnya menyengat manusia hanya sebagai perlindungan diri. Mereka tidak menyerang secara sengaja.. Sehingga, Anda bisa disengat serangga satu ini ketika menyentuh atau menendang kalajengking baik secara sengaja atau tidak,.





Sengatan kalajengking dapat sangat berbahaya ketika seseorang mempunyai alergi terhadap sengatan kalajengking





Meski sebagian besar sengatan kalajengking tidak berbahaya, sebaiknya sebagai pencegahan tetap periksakan ke dokter. Namun jika gejalanya parah, Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit.





Dokter mungkin akan memberikan obat penenang jika Anda mengalami kejang otot atau obat-obatan lain untuk menangani tekanan darah tinggi, nyeri, dan gelisah yang Anda alami.





Kalajengking - Waspada dengan serangga pembunuh manusia ini
Meski cenderung menghindari kontak dengan manusia namun serangga yang satu ini tetap harus diwaspadai (Kredit: Joao Paulo Burini | Kredit: Getty Images)




Saat anda tiba-tiba diserang kalajengking lalu disengat, Beberapa langkah pertolongan pertama ini dapat meringankan akibat yang ditimbulkan sengatan kalajengking.





  • Cuci bekas sengatan menggunakan sabun dan air.
  • Kompres dingin.
  • Jika bisa menelan makanan, konsumsi obat pereda nyeri.
  • Jika terjadi reaksi alergi kulit, seperti gatal di bekas sengatan, konsumsi obat antihistamin. Tapi, bila reaksi alergi berat muncul yang bisa mengancam nyawa, seperti mengi, pusing, gatal-gatal di seluruh tubuh, nyeri dada, atau sesak napas, maka segeralah berobat ke rumah sakit terdekat.




Meskipun Kalajengking lebih memilih menghindar saat berhadapan dengan manusia. Namun, saat berada di daerah yang banyak kalajengking, beberapa cegah kontak dapat dilakukan melalui upaya-upaya berikut:





  • Periksa dan pastikan beberapa peralatan berkebun, seperti sepatu bot, sarung tangan, pakaian atau topi dan juga pakaian lama yang baru akan Anda gunakan kembali.
  • Saat hendak pergi ke daerah banyak kalajengking berbisa, seperti dalam rangka berkemah atau lokasi pedesaan,gunakan sepatu dan celana panjang, dan seringlah memeriksa perlengkapan.
  • Periksa sekitar rumah Anda tumpukan batu atau kayu jika ada usahakan untuk menyingkirkannya, terlebih kayu bakar yang disimpan di dalam rumah.
  • Jika mendapati kalajengking di sekitar rumah Anda gunakan penjepit atau alat bantu lainnya untuk menjauhkannya dari lingkungan anda,.




2. Lalat Tsetse - Serangga Pembunuh Ini Habitatnya di Afrika





Lalat Tsetse - Serangga Pembunuh Ini Habitatnya di Afrika
Lalat Tsetse (kredit: alamy)




Tenang saja lalat yang termasuk 3 Serangga Pembunuh Manusia Terbanyak hidupnya di Afrika sana.  Apakah anda pernah mendengar “penyakit tidur” ?





Istilah itu diberikat karena lalat yang satu ini  dapat menyebabkan penyakit serius, orang yang terinfeksi penyakit ini akan mulai merasakan lemas, hingga tertidur dan tertidur terus dan terus hingga meninggal.





Gigitan lalat tsetse seringkali dapat memarah menjadi luka merah dan begitu menyakitkan, yang disebut chancre. Demam, sakit kepala parah, lekas marah, kelelahan ekstrem, pembengkakan kelenjar getah bening, dan nyeri otot dan persendian adalah gejala umum penyakit tidur yang disebabkan sengatan serangga satu ini.Bahkan beberapa orang mengalami ruam kulit.





Jika tidak ditangani, angka kematian penyakit tidur Afrika mendekati 100%. Diperkirakan 50.000 hingga 500.000 orang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya tahun.





Sekitar 10.000 kasus baru trypanosomiasis Afrika dilaporkan setiap tahun. Namun, diperkirakan banyak kasus yang tidak terdiagnosis.





Serangga ini membunuh dengan cara mengisap darah ataupun menyebarkan wabah virus tidur, terdapat sekitar 500.000 manusia di afrika meninggal, diduga karena lalat ini. Cara mereka menyerang yaitu dengan cara berkelompok. Setiap tahunnya, terdapat sekitar 300 ribu orang yang dilaporkan tewas akibat penyakit tidur ini.





Meski hewan ini hewan endemik afrika namun segangga yang satu ini juga sangat mematikan dan bisa menyerang manusia.





1. Nyamuk - Banyak yang tidak percaya serangga satu ini menjadi serangga pembunuh manusia terbanyak





1. Nyamuk - Banyak yang tidak percaya serangga satu ini menjadi serangga pembunuh manusia terbanyak
Nyamuk Serangga Pembunuh Manusia (Kredit: Rolf Aasa via Gettyimage )




Posisi pertama 3 serangga pembunuh manusia terbanyak  dipegang oleh nyamuk. Ya nyamuk, serangga ini digolongkan ke pembunuh nomor 1 di dunia karena dapat hidup di sebagian besar permukaan bumi ini. Tanpa terkecuali di Indonesia.





Hewan kecil ini memang terkenal menjengkelkan, betapa tidak selain mengganggu serangga satu ini juga penyebab kematian dari berbagai kasus khususnya malaria dan DBD.





Siapa yang tak kenal dengan nyamuk. Hewan kecil ini kerap menggigit apabila sedang berada di tempat yang gelap dan terbuka.





Data menunjukkan, bahwa hewan kecil ini menjadi pembunuh manusia paling tertinggi di dunia.





Sebenarnya, nyamuk dianggap berbahaya karena sering membawa parasit mematikan. Malaria misalnya, membunuh rata-rata sekitar 600.000 orang setiap tahun.





Demam berdarah, demam kuning dan radang otak juga disebabkan oleh bakteri atau virus yang dibawa nyamuk.





Itulah ulasan 3 Urutan Serangga Pembunuh Manusia Terbanyak di Dunia versi @karlota post. segala bentuk kelalaian yang berakibat kematian itu merupakan kesalahan kita yang Allah kehendaki. Lebih dan Kurangnya mohon dimaafkan.





Sumber:





http://www.kaskus.co.id/thread/52fc66b60d8b46e20a8b45c5/18-hewan-pembunuh-manusia-nomor-18-bakal-bikin-kamu-shock/





https://mediskus.com/penyakit/lalat-tse-tse-penyakit-tidur





https://id.wikipedia.org/wiki/Kalajengking





https://www.liputan6.com/global/read/3530466/ini-10-hewan-yang-paling-banyak-membunuh-manusia





https://www.cdc.gov/parasites/sleepingsickness/gen_info/faqs-east.html





https://emedicine.medscape.com/article/168230-overview





https://atm.eisai.co.jp/english/ntd/africa.html





https://www.yourgenome.org/facts/what-is-african-sleeping-sickness


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url