Kelangkaan Stok Minyak Goreng dan Penetapan HET


Karlotapost-News. Per 1 Februari 2022 harga minyak goreng di seluruh Indonesia sudah mengikuti ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET). Hal ini sebagaimana pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagaimana yang dilansir dalam tribunnews.com.





Ilustrasi / Minyak goreng kemasan satu harga di pasar tradisional / Kementerian Perdagangan menetapkan kebijakan baru untuk menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau. Kebijakan tersebut  berupa kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) yang mulai berlaku Kamis (27/1/2022). (Foto: Dok. Antara)
Ilustrasi / Minyak goreng kemasan satu harga di pasar tradisional / Kementerian Perdagangan menetapkan kebijakan baru untuk menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau. Kebijakan tersebut  berupa kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) yang mulai berlaku Kamis (27/1/2022). (Foto: Dok. Antara)




Airlangga menjelaskan tentang kebijakan harga minyak goreng terbaru. "Pemerintah di 1 Februari, harga dipatok Rp 14.000 untuk yang premium, Rp 13.500 untuk yang packing sederhana, dan Rp 11.500 yang curah, dan ini diharapkan bisa terus digelontorkan. Jadi stock banyak, tidak perlu takut kehabisan stock," jelas Airlangga.





Harga di pasar tradisional yang sebagian masih di atas Rp 14.000 per liter, akan berubah bertahap. Dalam hal ini tentu akan ada pihak yang akan menghabiskan stock.





Kebijakan DPO dan DMO





Ilustrasi Minyak Goreng




Untuk menjaga ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau. Selain penetapan HET, pemerintah kini telah menerapkan kebijakan Domestic Price Obligation (DPO) dan Domestic Market Obligatiogation (DMO).





Mendag menjelaskan sebagaimana yang dilansir dalam RRI.co.id, kebijakan DMO atau kewajiban pasokan ke dalam negeri berlaku wajib untuk seluruh produsen minyak goreng yang akan melakukan ekspor.





Nantinya, seluruh eksportir yang akan mengekspor wajib memasok ke dalam negeri sebesar 20 persen dari volume ekspor mereka masing–masing.





Dengan kebijakan ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sepanjang tahun 2022.





Sementara untuk DPO pemerintah menetapkan harga minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) sebesar Rp 9.300 per kg dan Rp 10.300 per liter untuk olein (hasil rafinasi dan fraksinasi CPO).





Selama masa transisi yang berlangsung hingga 1 Februari 2022, kebijakan minyak goreng satu harga sebesar Rp14.000/liter tetap berlaku.





Mendag menginstruksikan para produsen untuk mempercepat penyaluran minyak goreng serta memastikan tidak terjadi kekosongan di tingkat pedagang dan pengecer, baik di pasar tradisional maupun ritel modern.





Masyarakat juga diimbau untuk tetap bijak dalam membeli dan tidak melakukan panic buying karena pemerintah menjamin stok tetap tersedia dengan harga terjangkau.





Ketersediaan Minyak Goreng di Pasar Tradisional dan Pasar Modern





Foto: Stok Penjualan Minyak Goreng Rp14.000 yang kosong di Indomart Bungur (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)




Jika kita mengingat kembali beberapa hari yang lalu, kenaikan tinggi harga minyak goreng beberapa waktu terakhir direspons pemerintah dengan pemberlakuan murah satu harga. Kebijakan tersebut pertama-tama dilakukan di pasar ritel modern mulai tanggal 19 Januari 2022 dan diikuti di pasar ritel tradisional sepekan setelahnya atau mulai Kamis kemarin.





Meski demikian, nyatanya keberadaan minyak goreng murah satu harga di pasar tradisional masih saja tergolong langka, begitu pula di ritel modern yang jumlahnya juga mulai menipis dengan beberapa toko bahkan sampai saat ini stock di pasar tradisional maupun moderen tidak tersedia sama sekali.





Dilansir dalam cnbcindonesia.com menyebutkan, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) sebenarnya menyambut positif langkah pemerintah dalam menekan gejolak harga minyak goreng melalui penyediaan satu harga Rp 14.000 per liter.





Namun demikian di tengah stok harga mahal, pedagang masih mengeluhkan persoalan terkait cara retur stok agar tidak menimbulkan persoalan dan pedagang bisa mendapatkan stok minyak goreng murah.





Kondisi yang terjadi beberapa pasar tradisional menyiratkan rantai pasok yang masih belum sempurna, di mana para pedagang masih belum memperoleh murah untuk dijual kembali kepada masyarakat luas.





Selain itu kondisi di pasar ritel modern juga mengindikasikan adalah rush buying di masyarakat, di mana semua berbondong-bondong melakukan pemesanan dengan harga murah. Kondisi tidak simetris antara permintaan tinggi dan pasokan terbatas yang menyebabkan rush buying tersebut juga pada akhirnya akan memperburuk kondisi rantai pasok yang sudah coba dibuat sedemikian rupa. Baca Juga: BAHAYA Penggunaan Minyak Goreng Bekas Terhadap Kesehatan





Keterbatasan Pengawasan Pemerintah





Selain itu, pengawasan terbatas yang diberlakukan pemerintah, khususnya untuk pasar tradisional seperti yang terjadi di Pasar Mampang memperlihatkan praktik dan upaya yang belum sempurna untuk melakukan penurunan harga , yang pada akhirnya juga mencederai visi dari pemerintah.





Sebenarnya pemerintah telah menyediakan beberapa solusi yang dialami oleh pedagang, hanya saja kondisi aktual di lapangan masih belum maksimal.














Artikel ini telah tayang di






  • Tribunnews.com dengan judul Menko Airlangga: Stok Minyak Goreng Banyak, Tidak Perlu Takut Kehabisan,




https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/01/30/menko-airlangga-stok-minyak-goreng-banyak-tidak-perlu-takut-kehabisan





  • Rri.co.id, dengan judul Menteri Perdagangan Tetapkan Kebijakan Baru Minyak Goreng,




https://rri.co.id/ekonomi/1340430/menteri-perdagangan-tetapkan-kebijakan-baru-minyak-goreng?utm_source=news_recommendation&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign





  • Cnbcindonesia.com, dengan judul Sabar Bun! Ini Penyebab Minyak Goreng Satu Harga Langka,




https://www.cnbcindonesia.com/market/20220127085712-17-310815/sabar-bun-ini-penyebab-minyak-goreng-satu-harga-langka/2








Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url