Kapasitas Penonton Sirkuit Mandalika: MotoGP 2022


Karlotapost-News- Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada Senin (21/2/2022), mengumumkan bahwa Kapasitas Penonton Sirkuit Mandalika bisa menampung 100.000 penonton. Dia juga menuturkan pergelaran MotoGP 2022 di Indonesia akan menyesuaikan Inmendagri berkaitan pencegahan dan penanggulangan COVID-19.





MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan dihelat pada 18-20 Maret 2022. Sebanyak 2.500 ofisial juga akan hadir selama penyelenggaraan hal yang demikian.





valentino-rossi-alvaro-bautista-motogp-racing-62686.jpeg
MotoGP (Photo by Pixabay on Pexels.com)




Airlangga mempertimbangkan bahwa kapasitas Sirkuit Mandalika bisa menampung 100.000 penonton. Oleh maka, penting untuk diamati bagaimana langkah pencegahan penyebaran COVID-19.





MotoGP 2022 Mandalika akan berjalan pantas dengan Perintah Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang diciptakan oleh Pemerintah Indonesia.





"(Kasus COVID-19) di NTB memang telah melampaui varian Delta. Tetapi, sekarang jumlahnya telah menurun, ditambah dengan vaksinasi dosis pertama telah menempuh 90 persen, dosis kedua 63 persen, dan dosis ketiga masih perlu ditingkatkan," kata Airlangga seperti diinfokan dalam website bola.com.





Menyusul kesepakatan antara FIM, Dorna Sports, dan ITDC melaksanakan pengaspalan ulang pada beberapa lintasan Sirkuit Mandalika, kelengkapan berat milik PT Pembangunan Perumahan (PT PP) sudah tiba Lombok, Sabtu (19/2/2022). Setelahnya, pengelupasan permukaan jalur dijalankan, disusul dengan setup Asphalt Mixing Plant (AMP).





"Kita bergerak kencang supaya pembetulan lintasan sirkuit pantas dengan jadwal yang sudah diatur. Alhamdulillah beberapa besar kelengkapan berat sudah tiba dan pengerjaan profesi pembetulan dapat langsung diawali," ujar Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, dalam keterangannya terhadap Antara.





Priandhi menegaskan pengerjaan proses pembetulan lintasan diinginkan dapat selesai pada 10 Maret, ialah pantas sasaran yang sudah diatur oleh FIM dan Dorna Sports. Kecuali alat berat, PT PP sudah mempertimbangkan kesiapan bahan baku untuk pengaspalan.





Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio saat sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika(Dok. Gresini Racing)




"Regu dari PT PP yang berada di Palu dan ditemani konsultan, telah mempertimbangkan kwalitas bahan baku dan mempertimbangkan loading bahan baku ke atas kapal yang akan dikirim dalam waktu dekat untuk dihasilkan lapisan aspal yang baru," kata Priandhi.





Ada 3 Variasi Tribun Penonton di MotoGP Mandalika 2022





Sesudah kancah pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2022 di Sirkuit Mandalika usai, ada sela waktu persiapan menuju MotoGP Mandalika 2022. Indonesia akan menjamu tetamu pada pergelaran MotoGP Mandalika 2022. Perhelatan itu berlangsung pada 18-20 Maret 2022.





Sirkuit Mandalika berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada Rabu (16/2/2022), rilis legal Kementerian Komunikasi dan Kabar (Kominfo) mempublikasikan keterangan dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC.





Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengumumkan bahwa Kapasitas Penonton Sirkuit Mandalika hingga 100.000 penonton
Foto aerial perkembangan pembangunan Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kamis (14/1/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan perkembangan pembangunan Sirkuit sudah mencapai 42,98 persen. (foto dok MGPA)




Pada berita itu, ITDC menyebut sebagian penyelesaian pembangunan berkenaan dengan pengelolaan balapan dan penonton. Sejenak lagi, akan rampung pembangunan race control. Race control yaitu sentra pengontrolan balapan pada sirkuit balap motor ataupun kendaraan beroda empat. "Kami juga menyiapkan tribun-tribun penonton," sebut Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer. Setidaknya ada tiga tipe tribun penonton di Sirkuit Mandalika.





Pertama, tribun penonton awam. Kapasitas tribun ini yaitu 50.000 penonton. Kedua, ada juga tribun hospitality suites VIP village. Istilah hospitalty suites yaitu ruangan khusus pantas pelayanan hotel eksklusif untuk tetamu istimewa. VIP village di Sirkuit Mandalika ini adalah daerah eksklusif. "Kapasitasnya sampai 2.400 penonton," sebut Abdulbar M Mansoer.





Baca Juga: https://www.bola.com/motogp-2022-sirkuit-mandalika-bisa-tampung-100000





VIP village mempunyai kelebihan ialah parkir VIP eksklusif, ruangan ber-AC, bar, lokasi Food & Beverages (F&B), berikut tribun eksklusif. Ketiga yaitu royal box. Royal box juga acap diketahui khalayak sebagai VIP premiere class. Royal box yaitu tribun kelas tertinggi untuk penonton penting seperti presiden, menteri, VIP swasta, serta VIP sponsor. "Kami mempertimbangkan segala fasilitas penunjang sirkuit ini siap dipakai pada Maret akan datang," sebut Abdulbar M Mansoer seperti diinfokan dalam kompas.com.





Sumber:





kompas.com,
bola.com


Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url