Potensi Skincare? Sudahkah anda mengetahui potensi bisnis yang satu ini


Skincare dan segala manfaatnya terhadap kulit lebih sehat dan awet muda, beberapa tahun belakang ini tergolong salah satu pilihan bisnis menguntungkan.





Tidak heran, banyak yang menggeluti pilihan bisnis ini. Namun, bagi kalian yang hendak menggelutinya, perlu diingat persaingan bisnis skincare sangatlah ketat. 





Bisnis skincare adalah bisnis bagus terlebih jika produk skincare yang dijual berkualitas plus promosi yang menarik. Seperti apa potensi bisnis skincare?
Usaha Skincare (Photo by cottonbro on Pexels.com)




Bahkan di tengah melemahnya kondisi ekonomi disaat pandemi, industri kosmetik justru tidak merasakan kekhawatiran. Karena, industri ini terus tumbuh mengikuti tren yang berkembang di masyarakat.





Skincare kini menjadi salah satu produk yang terus diburu, dan pebisnis skincare pun terus bertambah. Penting bagimu untuk menguasai serta menerapkan cara mengatasi kompetisi di bidang bisnis skincare seperti yang akan diulas dalam artikel berikut ini. 





Bagaimana peluang bisnis skincare?





Peluang Usaha Skincare. Seperti apa potensi bisnis skincare?
Peluang Bisnis Skinare (Photo by George Morina on Pexels.com)




Bisnis skincare adalah jenis bisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi para pelakunya.





Bisnis Rumahan dan Jenis bisnis yang satu ini seringkali menjadi salah satu bidang usaha yang diminati karena produk skincare dianggap sebagai kebutuhan pokok kulit.





Nah, inilah yang membuat persaingan di bidang bisnis skincare atau produk perawatan kulit wajah menjadi sangat ketat. 





Membuka usaha skincare bisa mendatangkan keuntungan besar jika dipraktikkan secara serius. Untuk pertama kali, Anda tidak perlu membuat produk sendiri. Anda bisa menjual produk orang lain dulu dengan mencari produsen yang cocok.





Tidak hanya bersaing dalam ranah produksi skincare, para pelaku usaha skincare juga harus berlomba-lomba untuk meloloskan produk mereka dalam uji sertifikasi layak edar yang dilaksanakan pemerintah.





Namun, kesulitan yang dihadapi ketika berbisnis kosmetik akan membuahkan hasil yang manis karena potensi bisnis ini sangat besar. 





Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah sangat paham akan efek skincare untuk kulit mereka.





Tak heran jika ada banyak yang berburu produk skincare untuk merawat kulit, karena penggunaan kosmetik tanpa diiringi penggunaan skincare akan membuat kulit wajah menjadi kurang sehat.





Bagaimana produk skincare yang bagus menjadi bisnis?





Produk skincare yang bagus tentu yang telah memenuhi ketentuan seperti berizin BPOM dan memiliki bahan yang tidak berbahaya. Jangan lupa untuk mengurus perizinan di BPOM dan gunakan bahan yang terbaik untuk produk Anda.  





Bisnis skincare Anda wajib memiliki izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM. Dengan memiliki izin BPOM, produk Anda pun jadi lebih terpercaya. Masyarakat tentunya akan memilih produk yang berizin legal di Indonesia.





Berapa modal usaha skincare?





Modal usaha skincare ini bisa bermacam-macam. Untuk Anda yang ingin menjadi dropship dan reseller, Anda bisa memulainya dari Rp2 juta. Namun, apabila Anda ingin membuat produk skincare sendiri, Anda butuh modal lebih besar. 





Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis skincare, pastikan untuk menjalankan bisnis tersebut dengan baik dan benar serta sepenuh hati.





Tips Memulai Bisnis Skincare





Inilah beberapa tips atau cara ampuh untuk bisa memenangkan persaingan bisnis di tengah persaingan yang ketat. Lihat halaman berikutnya









Riset Pasar





Riset Pasar Skincare. Seperti apa potensi bisnis skincare?
Riset Pasar Skincare (Photo by fauxels on Pexels.com)




Anda perlu tahu bahwa sudah banyak yang menjual produk skincare. Anda harus memutar otak supaya produk skincare Anda nanti berbeda dengan yang sudah ada. Untuk itu Anda perlu melakukan riset pasar. 





Riset ini akan membantu Anda untuk menemukan produk skincare jenis apa yang biasanya dipilih oleh masyarakat, siapa saja pesaing Anda, dan supplier mana yang bisa menyediakan Anda produk untuk dijual (untuk Anda yang mau jadi dropshipper).





Menetapkan target pasar





Siapa yang akan menjadi pembeli Anda? Apakah wanita atau pria? Apakah mereka berumur sekitar 20-an atau untuk yang 30 tahun ke atas? 





Dengan menentukan target pasar, Anda bisa menciptakan produk yang sesuai karena bahan-bahan yang diperlukan juga berbeda. Di masing-masing umur, pembeli membutuhkan skincare yang tentunya berbeda. 





Anda juga perlu membedakannya dari tipe jenis kulit seperti kulit kering dan berminyak. Paling bagus jika menyediakan keduanya, sehingga target pasarnya luas.





Buat kerangka bisnis 





Salah satu komponen yang sangat penting untuk mendirikan bisnis skincare yaitu modal yang cukup besar.





Bisnis skincare pasti membutuhkan perumusan produk agar aman bagi kulit oleh tim Research dan Development.





Selain itu, pelaku bisnis ini juga membutuhkan alat-alat pembuatan produk yang canggih dan telah teruji. 





Siapkan proposal terbaik untuk mencari investor, yaitu dengan cara merancang proposal yang lengkap berisi kerangka bisnis yang akan didirikan.





Setelah itu, pastikan bahwa produk yang ingin dijual ke masyarakat luas benar-benar aman untuk kulit.





Akan lebih bagus lagi jika kamu membawa produk demo ketika akan mencari investor. 





Bangun bisnis dengan kehati-hatian tinggi 





Bangun bisnis skincare dengan kehati-hatian tinggi. c
Photo by Pixabay on Pexels.com




Memulai bisnis skincare bisa dilakukan dengan cara merilis produk dan mempromosikannya terlebih dahulu ke masyarakat.





Kamu bisa memulainya dengan langkah yang tidak terlalu besar terlebih dahulu, agar nantinya tahapan bisnis bisa ditingkatkan secara signifikan.





Akan lebih baik lagi jika kamu menerapkan sistem pre-order, sehingga produk baru dibuat setelah ada pesanan. 





Bisnis skincare adalah jenis bisnis yang sangat rentan terhadap kegagalan, karena produk yang berbahaya untuk kulit berpotensi di-blacklist oleh pemerintah.





Oleh karena itu, pastikan produk yang kamu buat benar-benar telah teruji bagi keamanan kulit wajah orang.





Selalu melayani konsumen dengan baik 





Berikan pelayanan total dengan ramah pada konsumen agar mereka bisa mengkonsultasikan masalah dengan leluasa.





Selain itu, pelayanan customer service yang berkualitas juga akan bisa dijadikan sarana menjaga citra brand-mu di depan para klien nantinya. 





Itulah berbagai cara mengatasi kompetisi di bidang bisnis skincare yang bisa kamu lakukan.







Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url