Biografi Arifin Panigoro - Pebisnis Migas Indonesia

Arifin Panigoro yaitu seorang pebisnis Indonesia berdarah Gorontalo yang dijuluki "Raja Minyak Indonesia".  Orang tuanya berasal dari Gorontalo yang merantau ke Pulau Jawa sebelum kemerdekaan. Keluarga besar Panigoro berasal dari Potanga, suatu desa di daerah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Keluarga besar Panigoro berasal dari Gorontalo, sebuah provinsi di bagian utara pulau Sulawesi. Panigoro itu sendiri ialah salah satu Marga Gorontalo orisinil yang tercatat telah digunakan sejak lama di Gorontalo.

Jusuf Panigoro yang beretnis Gorontalo (Ayah dari Arifin Panigoro) lalu menetapkan untuk merantau ke Bandung untuk berjualan kopiah. Dari perjuangan kopiah, bisnis keluarga Panigoro kian sukses dan terus berkembang, mulai dari distributor penjualan barang elektronika Phillips hingga produk tekstil Ratatex. Jusuf Panigoro menikah dengan Soehanna dan lalu dikaruniai 11 orang anak, dimana salah satunya ialah Arifin Panigoro itu sendiri.

Arifin Panigoro diketahui selaku pendiri dan pemilik MedcoEnergi yaitu perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi swasta paling besar di Indonesia. Saat ini, dia turut bergabung dalam mendirikan partai gres yang berjulukan Partai Demokrasi Pembaruan bersama dengan Sophan Sophiaan, Laksamana Sukardi, Roy B.B. Janis, Sukowaluyo Mintorahardjo, Noviantika Nasution, Didi Supriyanto, Tjiandra Wijaya, Postdam Hutasoit, dan RO Tambunan. Sebelumnya, ia pernah bergabung dengan PDI-P.

 adalah seorang pengusaha Indonesia berdarah Gorontalo yang dijuluki  Biografi Arifin Panigoro - Pengusaha Migas Indonesia


Pendidikan

  • SR Bandung (1957)
  • SMP Negeri 2 Bandung (1960)
  • SMA Negeri 2 Bandung (1963)
  • Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung (lulus tahun 1973)
  • Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Fountainebleau, Prancis (1979)


Riwayat Hidup

Alumni Elektro Teknik Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1973 ini memulai bisnisnya sebagai kontraktor instalasi listrik door to door. Selanjutnya, beliau memulai proyek pemasangan pipa secara kecil-kecilan. Medco kemudian diketahui dikala mengawali usaha pengeboran minyak tahun 1981 yang salah satu modalnya dari derma pemerintah.

Salah satu tonggak sejarah Medco yakni dikala melaksanakan pembelian Stanvac yang dimenangkan lewat tender yang kemudian namanya diubah menjadi Expan. Dengan pembelian itu, PT Stanvac tidak lagi dikuasai orang abnormal alasannya perusahaan minyak tertua di Indonesia itu telah dimiliki sepenuhnya oleh Medco.

Dalam dunia politik Arifin sempat bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada 1999. Dia pun sempat menjadi ketua DPP dan Ketua Fraksi PDIP pada 2002-2003.

Pada 2005, Arifin mundur dari DPR dan PDIP. Dia membentuk partai sendiri bersama rekan-rekannya yakni Partai Demokrasi Pembaruan.

Di dunia olahraga, pria kelahiran Bandung 14 Maret 1945 ini, pada abad Pendudukan Jepang turut berkontribusi dalam persepak bolaan nasional. Ia menghelat turnamen Piala Medco dan tercatat selaku pencetus Liga Primer Indonesia (LPI). Pada 13 Agustus 2019. Ia mendapatkan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden Joko Widodo.

Arifin Panigoro meninggal dunia di usia 76 tahun. Ia wafat pada hari Minggu (27/2) di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat pukul 14.29 waktu setempat atau 03.29 WIB. (Berbagai sumber)


Sumber https://biografi-tokoh-terkemuka.blogspot.com/

Comments