Resep Bolu Pandan Tanpa Pengembang - Kue Kekinian Lebaran


Resep Bolu Pandan Tanpa Bahan Pengembang (Emulsifier) atau Pandan sponge cake ini sanggup bunda coba dengan mudah. Bahan-bahan bolu pandan pun sanggup dikatakan sama , yang beda cuma penggunaan materi pengembang nya. Berikut ini yakni cara menghasilkan bolu pandan tanpa emulsifier yang sanggup bunda coba..





Bahan Bolu Pandan Tanpa Pengembang





  • 4 butir telur
  • 160 gr gula pasir
  • 160 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 60 ml minyak sayur
  • 90 ml santan sedang-kental (dari 30-40 ml santan kental kara yang diencerkan dengan air) 
  • 3/4 sdt pasta pandan , atau secukupnya




Cara membuat





  1. Panaskan panggangan dengan suhu 150'C. Alasi loyang bundar yg diameternya 18 cm tinggi 7 cm dengan baking paper (bagian bawahnya saja). (Kalo pake loyang yang bongkar-pasang , biarkan tanpa ganjal dan olesan). Sisihkan
  2. Kocok telur memakai handmixer dengan kecepatan 3 (sedang). Ketika telur kocok mulai berbuih/berbusa dan putih , kemudian tambahkan gula pasir bertahap sembari terus dikocok. Tambahkan garam dan vanila abu , kocok rata. 
  3. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak mudah-mudahan halus , 3 tahap. Tiap kali dimasukkan , aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata. (bisa juga memakai mixer dengan kecepatan paling rendah , sebentar saja)
  4. Masukkan minyak dan santan sedikit demi sedikit. Lalu tambahkan juga pasta pandan , kemudian aduk balik dengan memakai spatula (bisa juga memakai mixer dgn kecepatan paling rendah , sebentar saja). Pastikan tidak ada yang tertinggal di dasar mangkok.
  5. Tuangkan gabungan tadi ke dalam loyang perlahan. Hentak-hentakkan loyang mudah-mudahan gelembung udara yang tertinggal hilang. 
  6. Panggang gabungan selama 30 menit dengan suhu 150'C , Selanjutnya naikkan suhu menjadi 160'C. Panggang lagi selama 25-30 menitan , atau hingga tusuk gigi dimasukkan keluar bersih.
  7. Keluarkan dari panggangan , hentakkan di atas meja (ini mempunyai faedah untuk menghemat penyusutan). Balik loyang sekitar 5 menit di atas rak kawat kemudian secepatnya keluarkan dari loyang , dinginkan cake di atas rak kawat.
  8. Potong-potong sehabis sungguh-sungguh cuek untuk mendapat hasil irisan yang rapih..  




Gambar Bolu Pandan Tanpa Pengembang
Resep Bolu Pandan Tanpa Bahan Pengembang




TIPS MASAKAN - Untuk mempercepat hasil telur mengembang dengan baik , rendam apalagi dulu telur memakai air anget (Telur akan mengembang baik di suhu hangat +- 40C)Ayak tepung terigu untuk hasil yang lebih lembut lagi , sanggup gunakan cake flour/tepung terigu protein rendah. Atau sanggup juga dengan menyertakan sejumlah maizena (dan menghemat takaran terigunya)contoh: ganti 160 gr terigu menjadi [130 gr tepung terigu + 30 gr tepung maizena]Sebaiknya gunakan santan yang tidak di dinginkan dari kulkas , atau bila cuek maka hangatkan sebentar dengan microwave kurang lebih 30 detik. (Kalo santan cuek umumnya sulit nyampur tepat di adonan)





Ayok dishare resep Kue Kekinian ini ya bunda dan sista. Tetap pantau website KarlotapoST
Sumber https://resephariini.blogspot.com/


Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url