Teknik Sipil Kerjanya Apa?


Teknik Sipil atau Civil Engineering masih menjadi pilihan program pendidikan favorit para pelajar yang hendak menempuh dunia kampus di berbagai Universitas Indonesia. Betapa tidak, untuk sarjana (S1) Teknik Sipil saja, dengan masifnya pembangunan di berbagai sektor, menjadikan lulusan teknik sipil menjadi incaran. Hal ini tentu menjadikan lulusan ini memiliki potensi karir maupun kerja yang menjanjikan dan gaji dengan tawaran tinggi. Jadi lulusan Teknik Sipil Kerjanya Apa?





Apa itu Teknik Sipil?





Sebelum membahas kerjanya teknik sipil seperti apa, kalian patut tau dulu nih kalau lulusan teknik sipil dituntut menguasai beberapa ilmu seperti ilmu desain, pemeliharaan lingkungan, gambar 2 dimensi, 3 dimensi, perhitungan matematika hingga yang paling penting yaitu ilmu konstruksi. Lulusan Teknik Sipil tentu sudah dibekali dengan pengetahuan di atas dan juga pengalaman dalam pengelolaan hingga pelaksanaan suatu proyek, mulai dari penentuan jadwal kerja, pengaturan para pekerja,





Teknik Sipil Kerjanya Apa Aja?





Umumnya, rata-rata upah lulusan teknik sipil fresh graduate berkisar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta. Nominal yang cukup besar dibandingkan dengan profesi kerja lain itu membuat profesi ini dituntut tanggung jawab yang besar. Nah selanjutnya Teknik Sipil Kerjanya Apa Saja? yuk cekidot





Bagian Struktural





Insyinyur Struktur - %%excerpt%%
Lulusan teknik sipil kerja dibidang struktural (Photo by JESHOOTS.com on Pexels.com)




Structural engineer kerjanya di balik layar, mereka bertanggung jawab terhadap struktur dari infrastruktur konsultan bangunan.





Insinyur Struktural (Structural Engineer)





Kerja dari seorang Structural Engineer yaitu sebagai penanggung jawab dalam menganalisis, merancang, merencanakan, dan meneliti komponen struktural dan sistem struktural dalam mencapai tujuan desain suatu proyek infrastruktur yang berasal dari pihak konsultan bangunan.





Seorang structural engineer dituntut bisa mendesain, memprediksi hingga mencari solusi terhadap proyek bangunan yang menghadapi kendala suatu masalah. Kerjanya seorang Insinyur Struktural memprioritaskan pertimbangan keselamatan, teknis, ekonomi, hingga masalah lingkungan, tidak hanya itu seorang mereka juga dapat mempertimbangkan faktor estetika dan sosial.





Dilansir dari laman CNN, gaji seorang structural engineer untuk wilayah Jakarta sekitarnya Rp66 juta per tahun.





Perencana Struktur





Perencana struktur bekerja sebagai penyusun perencanaan struktur bangunan yang hendak dikerjakan. Kerja seorang perencanaan struktur bertujuan menghasilkan sebuah struktur kokoh, stabil, mampu menahan beban, dan memenuhi tujuan-tujuan lainnya seperti ekonomi dan kemudahan pelaksanaan.





Profesi ini memiliki potensi penawaran gaji sekitar 7 juta Rupiah.





Bagian Kontraktor





Kontraktor Teknik Sipil  - %%excerpt%%
Kontraktor Teknik Sipil (Photo by Anamul Rezwan on Pexels.com)




Kontraktor sering disebut pihak yang menjalankan usaha jasa konstruksi, sehingga tidak jarang disamakan dengan pemborong. Beberapa jasa dari seorang kontraktor diantaranya konsultasi konstruksi, seperti pengkajian, perencanaan, perancangan, pengawasan, dan manajemen penyelenggaraan konstruksi bangunan.





Pelaksana Proyek/Project Manager





Project manager jadi salah satu potensi kerja teknik sipil yang difavoritkan. Sesuai dengan sebutannya Kalian memiliki peran sebagai manajer dalam sebuah proyek.





Profesi ini sangat cocok untuk Kamu yang suka bekerja langsung di lapangan. Sebagai pelaksana proyek Kamu mempunyai tanggung jawab yang besar hingga proyek selesai.





Kontraktor insinyur sipil





Kontraktor insinyur sipil merealisaskan rencana yang sudah dibuat oleh konsultan. Mereka memproyeksikan bagaimana keadaan nyata di lapangan, dan cara menerapkan apa yang dibuat oleh pihak konsultan.





Sebagai kontraktor, kamu diharuskan untuk mampu bekerja secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan.





Menurut Target Jobs, profesi ini cocok untuk kalian yang hobi melihat secara langsung proyek di lapangan.





Profesi ini juga bisa memberikan kalian peluang jalan-jalan di berbagai tempat, lho.





Menjadi Site Manager





Site manager lulusan Teknik Sipil kerjanya apa? Kerja sebagai site manager bertugas dan memiliki tanggung jawab penuh terhadap perencanaan teknis hingga operasional pengendalian pada suatu proyek.





Dengan tanggung jawab yang besar itu, seorang Site Manager digaji dengan kisaran 15 juta Rupiah perbulannya. Lumayan bukan? namun tentunya seorang site manager harus memiliki pengalaman yang mumpuni dan telah berkecimpung dalam menangani banyak proyek sebelumnya.





Direktur Kontraktor





Terktari jadi Direktur Kontraktor? Ets tunggu dulu, dilihat dari namanya bisa ditebak pendapatannya kan? Seorang direktur kontraktor dapat mendapat gaji Rp 40 juta atau lebih. Tapi yang perlu kalian ingat untuk menempati posisi ini, kalian tentu harus mulai dari awal ya.





Bagian Surveyor









Surveyor adalah pihak yang memiliki tugas dalam menjalankan teknik riset mulai dari memeriksa, mengawasi, hingga mengamati suatu hal. Di dunia kerja, surveyor merupakan istilah yang dimana melaksanakan tugas menjadi objek utama dalam pekerjaan lapangan.





Surveyor pengendalian bangunan





Kalau kamu senang bekerja dengan detail, dan tertarik dengan bangunan dan konstruksi, prospek kerja teknik sipil yang satu ini bisa kamu pertimbangkan.





Menurut Prospects, bekerja sebagai surveyor pengendalian bangunan memiliki tugas memastikan seluruh pelaksanaan proyek mengikuti peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dengan baik.





Kalau tidak memenuhinya, kalian sebagai surveyor pengendali bangunan bertanggung jawab untuk memberi jalan keluar bagi klien.





Hal itu tentu saja, bertujuan sebagai keamanan bagi semua pihak.





Insinyur situs pembangunan





Jika kalian tertarik untuk memerintah atau mengatur pekerjaan sebagai insinyur situs pembangunan ini nampaknya cocok.





Yap, menjadi insinyur situs pembangunan kalian akan dituntut lebih ke arah teknis, pengorganisasian, dan pengawasan.





Kalian memiliki tugas dalam penentuan lokasi dari suatu pembangunan proyek infrastruktur, mulai dari yang tampak yaitu terlihat di atas, maupun yang tidak tampak yakni di bawah tanah.





Perlu kalian ingat untuk memperhatikan dan mengenai situasi dan keamanan di lokasi tersebut.





Lanjutan di Halaman 2 Ya.









Quality Control





Sebagai lulusan teknik sipil Kamu dapat memilih profesi quality control. Dilansir dari laman payscale.com, quality assurance (QA) atau quality control (QC) bertanggung jawab memastikan kualitas dan layanan yang dihasilkan perusahaan mereka. Mereka mengawasi dan terlibat dalam setiap tahap pembangunan, pengembangan dan manufaktur hingga finishing.





Profesi ini menjanjikan gaji yang cukup besar yaitu berkisar Rp 10 juta per bulan.





Drafter





Drafter adalah profesi yang bertugas membuat gambar kerja berdasarkan sketsa kasar yang telah dibuat oleh arsitek dalam proyek pembuatan sebuah bangunan. Drafter dapat memperoleh gaji mulai dari Rp 5 juta tiap bulan.





D. Konsultan





crop businessman giving contract to woman to sign
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com




Konsultan konstruksi bangunan





Pekerjaanmu bisa meliputi bangunan, pengembangan garis pantai, konstruksi bendungan, sampai pembangunan jalan raya.





Nah, tugasmu adalah mengatur dan mengawasi konstruksi yang berjalan, mengelola biaya pembangunan, dan melihat potensi risiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung.





Pekerjaan sebagai konsultan konstruksi bangunan membutuhkan kreativitas tinggi dan kemampuanmu untuk mendesain apa yang akan klienmu ingin bangun.





Selain itu, tentu saja pemahaman teoritis mengenai teknik pembangunan juga harus mumpuni.





Direktur Konsultan Perencana





Setiap proyek pembangunan akan membutuhkan konsultan perencana. Kamu dapat merintis dari awal hingga menjadi direktur konsultan perencana. Profesi ini mempunyai prospek gaji sebesar Rp 30 juta per bulan.





Itulah ulasan artikel mengenai Teknik Sipil Kerjanya Apa?. Semoga menambah referensi sobat Karlota ataupun keluarga bila ingin menempuh studi di kampus dan memilih jurusan Teknik Sipil.






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url