12 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

Karlotapost Bisnis - Anda sedang mencari usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil sebagai tambahan penghasilan? Apalagi bagi karyawan yang masih merasa digaji rendah, sedangkan biaya saat ini semakin mahal. Hal ini membuat karyawan tegang pikiran mencari peluang sampingan untuk meningkatkan pendapatan.

Kerja sampingan bagi karyawan adalah hal yang biasa. Perusahaan juga tidak melarang kerja sampingan selama tidak mengganggu pekerjaan utama. Sayangnya, masih banyak karyawan yang beranggapan bahwa memulai bisnis harus dengan modal yang besar, sehingga takut menjalankan perusahaan karena terbentur modal. Meski banyak usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan modal kecil, beberapa di antaranya malah tanpa modal.

Baca juga: 12 Bisnis Rumahan yang Trend untuk Pemula 2022 Updated!

Minimnya pengetahuan membuat mereka tidak tahu perjuangan sampingan apa yang bisa dilakukan tanpa perlu modal besar. Bagi yang bingung memulai bisnis sampingan yang membutuhkan modal kecil, berikut beberapa ide bisnis sampingan untuk karyawan dengan modal kecil:

1. Ide Usaha Jualan Pulsa dan Token Listrik


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Ide Usaha Jualan Pulsa Listrik Ide Usaha Jualan Pulsa Listrik (Usaha sampingan untuk karyawan)[/caption]

Banyaknya pengguna smartphone saat ini masih menjadikan pulsa sebagai kebutuhan pokok yang sangat pentingDengan membuka usaha sampingan untuk komersialisasi pulsa dan token elektrik, masih membuat ide usaha ini memiliki potensi bisnis.


Baca juga: Daftar Usaha yang Cocok Untuk Pemula Di Kampung

Sobat Karlota bisa memasarkannya ke rekan kerjatetanggakeluargadan lainnyaModal yang dibutuhkan untuk bisnis ini juga tidak besarhanya sekitar 50 ribu hingga 1 juta. Selain itujual pulsa elektrik tidak sulit dan tidak menguras waktu kerja Sobat Karlotakarena jual pulsa bisa dilakukan kapan sajaAnda hanya perlu smartphone untuk berurusan dengan konsumen.

2. Membuka Kafe


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Membuka Kafe Membuka Kafe - (Usaha sampingan untuk karyawan)[/caption]

Ada baiknya membuka usaha kedai kopi. Karena kopi merupakan minuman yang digandrungi oleh semua kalangan, orang tua, dewasa, pria maupun wanita. Kita bisa melihat berbagai jenis kafe yang ramai dikunjungi pelanggan hanya untuk hang out bersama teman dan minum kopi.

Anda bisa melakukannya pada malam hari atau sore hari setelah Sobat Karlota pulang kerja. Bisnis ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Selain menjual kopi, Kalian juga bisa menjual aneka gorengan dan masakan lainnya seperti mie instan goreng atau rebus. Sangat mudah bukan? Apalagi jika kedai kopi Anda memiliki wi-fi, pasti akan ada lebih banyak konsumen yang berkeliaran di kedai kopi Anda.

3Layanan Laundry


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Layanan Laundry Layanan Laundry - Usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Saat iniada banyak orang yang tidak mau repot mencuci pakaianApalagi bagi ibu rumah tangga yang juga bekerja pasti tidak sempat mencuci pakaian keluarga sehingga banyak yang menggunakan jasa laundryMaka tentunya membuat ide usaha ini merupakan bisnis yang menjanjikanKarena semakin berkembangnya jaman semakin banyak orang yang ingin praktis segalanya.

Terkait: Usaha Laundry. Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Usaha laundry ini membutuhkan modal yang tidak sedikit namun tidak terlalu merepotkan karena hanya membutuhkan mesin cuciJika Anda sudah memiliki mesin cuci di rumahini akan mempermudah pekerjaan Andadan Anda tidak perlu membelinyaVolume keuntungan dari penjualan yang dapat diberikan juga lumayan.

4Jualan makanan untuk sarapan


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Jualan makanan untuk sarapan Jualan makanan untuk sarapan - Usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Nahusaha ini memang ide yang manisAnda bisa menukar masakan untuk sarapan dengan rekan kerja AndaAnda bisa bangun pagi untuk merencanakan barang dagangan Anda dan membawanya ke tempat kerja untuk dijual kepada karyawan lain.

Tidak dapat dipungkiri bahwa jam kerja karyawan yang cukup pagi membuat sebagian orang tidak sempat untuk menyiapkan makanan untuk sarapanIni pasti menjadi kesempatan besar bagi AndabukanApalagi jika makanan yang Anda buat memiliki rasa yang enakmereka pasti akan menjadi pelanggan tetap AndaBisa jadi saat temanmu ada acara pesta atau semacamnyakamu diminta untuk membantu menyiapkan makanan untuk acara tersebutIni adalah potensi usaha milenial yang menjanjikanbukan?

5Menjual kue


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Menjual Kue menjual kue - usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Bagi yang suka membuat jajanan manis-manisan kering atau jajanan lainnyatidak ada salahnya mencoba memasarkan produk Anda sebagai usaha sampinganModal yang dibutuhkan juga tidak terlalu bergantung pada jumlah kue yang Anda buatAnda dapat mencoba menunjukkannya kepada teman-teman Anda di tempat kerjateman dekattetanggakeluarga dan lain-lain.

Baca juga: Resep (Cara) Membuat Kue Ape Pandan Khas Betawi

Kue kering juga bisa bertahan lebih lama dari makanan penutup berair sehingga tidak merusak produk AndaAnda bisa memanfaatkan momentum lebaran dan acara lainnyaSaat lebaranbanyak orang yang mencari kue keringDapat dilihat bahwa ini juga merupakan bisnis sampingan yang menguntungkan.

6Jasa Sebagai Penulis


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Ide Bisnis Menjadi Penulis Ide bisnis menjadi penulis - usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Menjadi penulis adalah sesuatu yang bisa dilakukan tanpa menggunakan modalYang paling penting adalah memiliki komputer atau laptop di rumahAnda dapat melakukan pekerjaan ini selama hari libur Anda di kantoratau selama waktu luang AndaAnda dapat menulis posting atau menulis di blog eksklusif Anda.

Siapa pun dapat melakukan pekerjaan ituJika Anda memang memiliki passion untuk menulisAnda bisa menjadikan ide perjuangan ini sebagai bisnis sampingan Anda.

7Menjahit


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Jasa menjahit Membuka jasa menjahit - usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Pekerjaan ini banyak dilakukan oleh wanitaTapi ada juga pria yang bisa menjahit dan membuka bengkel fashionBagi sobat Karlota yang memiliki kemampuan menjahittak ada salahnya mencoba usaha sampingan ini.

Usaha sampingan ini relatif sepi dari saingan dan tidak membutuhkan modal yang banyakjika sudah memiliki mesin jahit tidak perlu membelinyaPekerjaan ini bisa dilakukan saat Anda pulang kerja.

8Les privat


Apakah Anda memiliki keahlian khusus di bidang akademik atau bidang lainnyaAnda dapat membuka layanan pendidikan swasta yang lumayan penghasilannya. Jenis usaha ini tidak membutuhkan modal sama sekali karena yang terpenting adalah kemampuan yang Anda milikiMisalnyajika Anda pandai beladiri, Anda dapat membuka kelas beladiriDan jika Anda memiliki kemampuan di bidang akademikAnda bisa membuka layanan pendidikan khusus untuk anak sekolah mulai dari tingkat dasar.

Lihat juga: Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar (11 Deretan)

Selain bisa menambah penghasilankamu juga bisa mengasah skill kamuAnda dapat membuka ruang belajar privat di rumah Anda sehingga Anda tidak perlu berjalan-jalan tetapi siswa Andalah yang datang ke daerah AndaBisnis sampingan ini sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan modal.

9Bisnis online


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Bisnis Online Bisnis Online usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Ide usaha rekomendasi yang satu ini memang sangat diinginkan oleh masyarakat pada belakangan iniKarena selain mudah tanpa modalbisnis ini bisa dilakukan kapan saja Anda mauAnda bisa membuka toko onlinemembuat blogdan masih banyak jenis bisnis online lainnya yang bisa Anda lakukan bahkan dari kamar anda.

Baca Juga: 4 Cara Mengelola Keuangan Untuk Bisnis Kecil-kecilan

Anda tetap bisa bekerja di kantor dan menjalankan bisnis ini secara onlineAnda dapat melakukan pekerjaan ini secara online di mana saja selama akses internet tersediaAnda dapat memasarkan produk yang berbeda melalui media sosialSelain itupangsa pasarnya tidak sedikit karena cakupannya lebih luasdan bisa mencapai tingkat internasionalYang Anda perlukan untuk melakukan pekerjaan ini secara online adalah komputer dan koneksi internetModal yang tidak sedikit bukan?

10Desain Grafis


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]Desain (design) Grafis Desain (design) Grafis - usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Apakah Anda ahli dalam desain grafisManfaatkan kemampuan Anda untuk meningkatkan penghasilanAnda dapat menjadikan ini konflik sampingan.

Anda dapat menawarkan layanan Anda untuk desainBiasanya jasa desain grafis yang dibutuhkan adalah desain pembuatan bannerneon boxdesain kaoslogoposter dan masih banyak lagi.

Untuk modal bisa dibilang bisnis ini tidak membutuhkan modalhanya perlu menyediakan koneksi internet jika menggunakan jasa desain online dan yang terpenting adalah komputerKarya ini bisa dijadikan sebagai perjuangan sampingan AndaKunci sukses bisnis ini adalah kreativitas dan ketepatan waktu.

11Layanan pencetakan (pengetikan)


[caption id="" align="aligncenter" width="640"]jasa pengetikan (percetakan) jasa pengetikan (percetakan) - usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Ide usaha percetakan ini banyak diminati pelajar dan mahasiswa karena banyaknya tugas yang harus ditulismembuat mereka mencari alternatifyaitu menggunakan jasa percetakan atau pengetikanBisnis ini cocok sebagai bisnis sampingan karena sekali Anda menulis Anda mendapatkan penghasilan.

Pekerjaan ini membutuhkan komputer lengkap dengan printerJika Anda sudah memilikinyaAnda tidak perlu membelinyaTingkat persaingan bisnis ini pun sangat bagus2000 Rupiah per halamanAnda hanya perlu menggandakan jumlah halaman yang Anda tulisSangat bagus bukan?

12Cuci mobil dan motor


[caption id="attachment_1870" align="aligncenter" width="902"]layanan cuci mobil layanan cuci kendraan - usaha sampingan untuk karyawan[/caption]

Hal terakhir yang ingin saya bahas adalah layanan cuci mobil dan motorUsaha sampingan ini hampir tidak membutuhkan modalApalagi saat hujanbanyak kendaraan yang kotor akibat lumpur di jalanTentu perjuangan sampingan ini cocok bagi anda yang tidak memiliki modal untuk memulai perjuangan.

Siapa pun dapat melakukan pekerjaan iniIni bisa dilakukan setelah bekerjaTarifnya juga bagus sekitar 6k hingga 10k.

Demikian beberapa Ide usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil , bagaimana anda kepincut melakukan nya ? Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk sobat Karlota kedepannya ya.

Simak info peluang bisnis dari laman fanpage Karlotapoast
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url