Apa saja macam-macam pemenuhan kebutuhan? (Soal, Jawab dan Penjelasan Ekonomi SMA/Madrasah Aliyah)

Ekonomi SMA - Kamu lagi nyari Soal, Jawab dan Penjelasan Geografi SMA / Madrasah Aliyah tentang Apa saja macam-macam pemenuhan kebutuhan?. Sebelum itu kalian harus mengetahui dulu ya Apa macam macam alat pemenuhan kebutuhan menurut proses terjadinya

Kamu lagi nyari Soal, Jawab dan Penjelasan Geografi SMA / Madrasah Aliyah tentang Apa saja macam-macam pemenuhan kebutuhan?


Berdasarkan proses pembuatan, alat pemuas kebutuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga macam,yaitu barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.

Adapun Soal, Jawab dan Penjelasan Ekonomi SMA/Madrasah Aliyah terkait Apa saja macam-macam pemenuhan kebutuhan adalah sebagai berikut.

A. Benda menurut cara mendapatkannya

  1. Benda ekonomi yang jumlahnya lebih sedikit dari kebutuhan manusia, dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Misalnya membeli beras, baju, kopmputer, dan sepatu
  2. Benda bebas atau disebut juga benda non ekonomi yang jumlahnya melimpah, sehingga untuk mendapatkannya tidak perlu pengorbanan/tanpa biaya. Misalnya, cahaya matahari atau udara.
  3. Benda illith jumlahnya sangat melimpah hingga cenderung dapat merugikan manusia. Contohnya, menggunakan tampungan air hujan untuk mencuci motor, jika tidak maka parit di depan rumahmu akan mengalami banjir.

B. Benda menurut tujuan kegunaannya

  1. Benda konsumsi adalah benda siap pakai tanpa harus melalui proses olah terlebih dahulu. Misalnya sepatu, pakaian, atau tas.
  2. Benda produksi yang digunakan untuk menghasilkan benda yang lain, contohnya mesin dan alat baku.

C. Benda menurut proses pembuatannya

  1. Bahan mentah adalah bahan yang belum mengalami proses pengolahan. Bahan mentah disebut juga bahan baku, contohnya adalah minyak bumi, tembakau, atau rotan.
  2. Bahan setengah jadi yaitu bahan yang sudah diolah tapi belum menjadi produk akhir. Contohnya, benang yang jika diolah akan menjadi kain.
  3. Bahan siap pakai merupakan barang siap konsumsi seperti selimut, sendok, atau piring.

D. Benda menurut hubungannya dengan benda lain

  1. Benda komplementer yang akan berguna jika kedua benda dipakai secara bersamaan sehingga menghasilkan manfaat. Apabila hanya mengandalkan satu benda saja, maka tidak akan dapat digunakan. Misalnya, motor dan bensin.
  2. Benda substitusi yang fungsinya dapat menggantikan peran benda lain. Contohnya penggunaan komputer mampu menggantikan peran mesin tik.

E. Benda menurut segi jaminannya

  1. Benda bergerak dapat dipindahtempatkan serta bisa digunakan sebagai jaminan kredit jangka pendek (1 tahun). Misalnya, radio atau televisi.
  2. Benda tidak bergerak tidak dapat dipindahkan, namun bisa dipakai sebagai jaminan kredit jangka panjang. Contohnya, lahan atau gedung perkantoran.

PAGE 2

Kamu lagi nyari Soal, Jawab dan Penjelasan Geografi SMA / Madrasah Aliyah tentang Apa saja macam-macam pemenuhan kebutuhan?


Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang saat itu juga dan tidak bisa ditunda-tunda. Secara umum, kebutuhan dibedakan menjadi empat macam, yaitu:

Kebutuhan Menurut Intensitasnya

  1. Kebutuhan Primer, kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh seseorang yang terdiri atas sandang, pangan, dan papan.
  2. Kebutuhan Sekunder, kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh seseorang jika kebutuhan primer sudah terpenuhi, seperti kebutuhan elektronik.
  3. Kebutuhan Tersier, kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh seseorang jika kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi, seperti kebutuhan barang mewah.

Kebutuhan Menurut Sifatnya

  1. Kebutuhan Jasmani, kebutuhan fisik seseorang seperti olahraga, makan, dan sebagainya.
  2. Kebutuhan Rohani, kebutuhan psikis seseorang seperti ceramah keagamaan.

Kebutuhan Menurut Subjeknya

  1. Kebutuhan Individu, kebutuhan yang hanya dipenuhi oleh seseorang, seperti makan, minum, dan sebagainya.
  2. Kebutuhan Kelompok, kebutuhan yang digunakan oleh banyak orang, seperti tempat ibadah, sekolah, jalan, dan sebagainya.

Kebutuhan Menurut Waktunya

  1. Kebutuhan Saat Ini, kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini juga seperti obat ketika sakit.
  2. Kebutuhan Mendatang, kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda-tunda, seperti menabung untuk membeli tas baru.

Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url