Peluang Bisnis (Usaha) Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga


Memutuskan menjadi ibu rumah tangga bukan berarti hanya berdiam di rumah saja dan tidak berpenghasilan. Ibu rumah tangga juga bisa sukses berwirausaha lho. Di zaman modern seperti ini, ada banyak peluang bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba.





4 Peluang Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga





Berikut beberapa bisnis rumahan yang bisa Anda coba sebagai ibu rumah tangga:





Baca juga:









1. Usaha Membuat Kerajinan Tangan





Perempuan tidak jarang dikenal akan kreativitas dan keuletannya. Untuk itu, selain menjadi ibu rumah tangga maka perempuan bisa mencoba berwirausaha membuat kerajinan tangan. Biasanya, berawal dari hobi merakit sesuatu bisa dikembangkan menjadi bisnis tersebut.





Beragam kerajinan tangan yang dapat dibuat di antaranya souvenir, bingkisan, hampers, gelang, kalung, dan sebagainya.





Era digital sekarang, barang-barang tersebut juga banyak diperjualbelikan karena banyak pula yang membutuhkan. Oleh sebab itu, ini bisa menjadi peluang bisnis. 





2. Berbisnis Rumahan sebagai Penulis Lepas





black home area rug
Photo by Kelly L on Pexels.com




Era digital sekarang ini juga kian menumbuhkan profesi sebagai penulis di berbagai media. Beberapa profesi tersebut di antaranya, copywriting dan content writing.





Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga dengan menjadi penulis lepas cukuplah menguntungkan. Hal ini dikarenakan jam kerjanya lebih fleksibel sehingga bisa disesuaikan ketika harus mengurus urusan rumah tangga. 





Ibu rumah tangga bisa menjadi penulis lepas pada sebuah konten di berbagai media digital seperti website, sosial media, atau bahkan aplikasi start-up. Selain itu, menulis fiksi seperti novel dan puisi juga bisa menghasilkan uang pada beberapa platform tertentu. 





Di sisi lain, sebaiknya perlu membuat portofolio sebagai bukti akan kemampuan menulis yang dimiliki. Ini juga bisa menjadi bukti bagi klien. 





Dibandingkan dengan bermacam-macam bisnis rumahan lainnya, menjadi penulis lepas paling hemat karena tidak membutuhkan modal. Kuncinya pada keinginan dan kreativitas dalam menulis, serta setidaknya memiliki fasilitas berupa komputer atau laptop.





3. Membuka Bimbel atau Kursus 





Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang ini telah populer sejak lama, yakni membuka bimbingan belajar atau kursus tertentu. Biasanya, ibu rumah tangga yang memiliki skill tertentu khususnya yang berlatar belakang pendidikan ketika kuliah bisa mencoba bisnis ini.





Ibu rumah tangga bisa membuka bimbel atau kursus yang dibutuhkan anak-anak sekitar, misalnya pada mata pelajaran tertentu seperti Matematika, Fisika, atau Bahasa Inggris. Bisa dikatakan pula bisnis rumahan ini sebagai seorang guru les.





Ditambah lagi, era pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini membuat kegiatan belajar secara langsung dibatasi. Ini bisa menjadi peluang usaha bagi ibu rumah tangga dengan membuka les-lesan untuk membantu anak-anak belajar secara langsung.





Selain itu, model bimbel atau kursus sekarang juga bisa dilakukan secara online. Ibu rumah tangga bisa melakukannya dengan membuat bimbel atau kursus secara mandiri ataupun bergabung pada platform penyedia bimbel dan kursus, misalnya seperti Zenius dan Ruang Guru.





4. Usaha Catering atau Camilan





Bagi perempuan yang hobi memasak atau berkreasi makanan di dapur bisa mencoba opsi ini sebagai bisnis rumahan. Ibu rumah tangga bisa membuka usaha catering atau membuat beragam cemilan seperti kue kering, kerupuk, dan makanan sejenisnya. 





Usaha catering ini juga bisa dispesifikan berupa catering sehat seperti makanan untuk vegan atau catering bagi yang sedang diet dan sebagainya. Dalam menjalankannya, ibu rumah tangga bisa menggunakan dapur pribadi dan proses pengiriman bisa menggunakan jasa ekspedisi. 





Penutup





Demikian beberapa bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba. Perlu dicatat bahwa dalam membangun bisnis meski dalam skala rumahan juga dibutuhkan usaha yang keras dan keuletan. Hal tersebut dikarenakan tidak ada bisnis yang instan. 


Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url