Pria Inggris ditangkap di Dubai atas kasus pajak lebih dari $1.7 miliar

Karlotapost Internasional - Seorang warga negara Inggris telah ditangkap oleh polisi di Dubai atas kasus penipuan pajak Denmark senilai £1,3 miliar ($1,7 miliar). Petugas mengatakan mereka berencana untuk mengekstradisi tersangka, yang diidentifikasi sebagai Sanjay Shah, 52, yang dicari di Denmark atas tuduhan penipuan keuangan.

Dugaan penipuan, yang digambarkan sebagai salah satu kasus penipuan terbesar dalam sejarah Denmark, dikatakan telah berjalan selama tiga tahun dari 2012.

Baca juga: Gempa dahsyat di provinsi Sichuan China berimbas ke 13.000 orang lebih

Shah ditahan setelah Denmark menandatangani perjanjian pada Maret untuk memungkinkan ekstradisi ke dan dari Uni Emirat Arab.

Pedagang hedge-fund itu, telah berhasil bersembunyi selama beberapa tahun terakhir tinggal di Dubai, dan mampu mempertahankan kepolosannya.

Dia dikatakan sebagai 'dalang' di balik penipuan yang melibatkan bisnis asing yang berpura-pura memiliki saham di perusahaan Denmark - sebelum mengklaim pengembalian pajak yang tidak memenuhi syarat.

"Skema penipuan, yang dikenal sebagai perdagangan 'cum-ex', melibatkan pengajuan ribuan aplikasi ke Departemen Keuangan Denmark atas nama investor dan perusahaan dari beberapa negara di seluruh dunia untuk menerima pengembalian pajak dividen," kata Brigadir Jenderal kepolisian Dubai, Jamal Al Jallaf, dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilansir dalam laman metro.co.uk.

Baca juga: 7 Masjid Terbesar dan Terluas di Dunia 2022

Kasus penipuan pajak Denmark


Shah telah dicari oleh jaksa Denmark sejak 2015 setelah berhasil menipu sistem keungan Denmark dengan 'jumlah uang yang mengejutkan', kata Menteri Kehakiman Mattias Tesfaye.

[embed]https://twitter.com/JeppeKofod/status/1532679875471065089?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1532679875471065089%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fmetro.co.uk%2F2022%2F06%2F03%2Fbritish-man-arrested-in-dubai-over-1300000000-tax-fraud-case-16764078%2F[/embed]

"Seharusnya tidak mungkin bagi tersangka pelaku untuk bersembunyi di Timur Tengah dan menghindari tanggung jawab di ruang sidang Denmark," tambahnya.

“Sekarang saya sedang menunggu proses hukum di Uni Emirat Arab, dan berharap akhirnya bisa membawa Sanjay Shah ke pesawat menuju Denmark, sehingga dia bisa diadili di negara ini.”

Tidak segera jelas apakah Shah memiliki pengacara lokal dan tanggal pengadilan untuk sidang ekstradisi belum ditetapkan.

Tetapi Menteri Luar Negeri Denmark Jeppe Kofod mentweet: "Kami akan mendorong ekstradisi sesegera mungkin."

Shah mengelola pusat anak-anak autis di Dubai yang ditutup pada 2020 setelah Denmark berupaya mengekstradisi dia.

Kasus Penipuan Pajak

Dia juga menjalankan badan amal Autism Rocks yang berbasis di Inggris, yang mengadakan pertunjukan oleh artis-artis besar untuk mengumpulkan uang.
Untuk lebih banyak berita seperti ini, periksa halaman berita kami.

Ikuti gtofreel.com di Twitter dan Facebook untuk pembaruan berita terbaru.

Kamu juga bisa mendapatkan artikel gtofreel.com dikirim langsung ke perangkat Anda secara gratis dengan. Daftar untuk mendapat kabar terbaru dengan menekan tombol bell merah di sudut kanan bawah layar ini.
Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url